Mahfud MD Perjuangkan Penegakan Hukum sebagai Panglima

Mahfud MD Menuju Kursi Presiden RI

Akhir-akhir ini nama Mahfud MD terus mengisi berbagai hasil jajak pendapat tentang calon presiden RI yang dilakukan berbagai lembaga survei. Hasilnya pun cukup bagus. Namanya mampu bersaing dengan tokoh lain, seperti Prabowo Subianto, Wiranto, Megawati Soekarnoputri, mau pun Joko Widodo.

Lantas mantan Ketua MK itu semakin yakin untuk terus maju sebagai calon presiden (capres). Karena dia ingin melayani dan memperbaiki administrasi pemerintahan yang saat ini masih buruk. Di samping itu, Mahfud MD juga ingin memperjuangkan penegakan hukum sebagai panglima di negeri ini.

Baginya, tokoh-tokoh yang saat ini telah mendeklarasikan diri untuk menjadi capres lambat laun jumlahnya akan menyusut. Setelah hasil pemilihan legislatif nanti diketahui, Mahfud memprediksi akan ada tokoh yang gagal nyapres, lantaran partainya tak memenuhi presidential threshold.

“Kalau tereleminasi kan suara bakal pindah. Pelan-pelan bakal ada (calon) yang tereleminasi. Saya tidak punya modal untuk jor-joran, tapi saya yakin Tuhan akan bertindak pada waktunya. Saya yakin itu,” kata Mahfud, dalam acara soft launching MMD Initiative, di Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Rencana menjadi capres terus diseriusi Mahfud. Dia telah membuka komunikasi dengan seluruh partai politik peserta Pemilu 2014 dan dengan ormas Islam. Serta sejumlah pimpinan dan santri di pesantren yang akan menjadi basis pemilihnya.

Selain dekat dengan pimpinan pondok pesantren, Mahfud juga dikenal di kalangan santri. Ia mengaku tak khawatir dengan tokoh lain yang mencoba membangun kedekatan dengan simpul-simpul pesantren. Karena dia yakin bila soal politik, pemimpin dan masyarakat akar rumput bisa memiliki pandangan yang berbeda.

Dari semua rencana yang dibangunnya dalam persiapan menghadapi pilpres, Mahfud masih belum memutuskan partai mana yang akan dijadikan kendaraan politiknya. Namun, putra Madura itu sempat menyiratkan kedekatannya dengan PKB, dan ketertarikannya dengan bursa konvensi capres yang dibuka Partai Demokrat.

Bagi Mahfud MD, PKB adalah alat politik resmi Nahdlatul Ulama (NU) dan terminal politiknya. Mahfud sempat menjadi kader PKB sebelum akhirnya keluar, karena menjalankan tugas negara sebagai Ketua MK.

Soal konvensi Demokrat, Mahfud menilai hal itu sangat baik, karena akan memberi peluang  tokoh potensial yang non-partai untuk bisa maju sebagai capres. Namun, Mahfud belum memutuskan akan berlabuh sebagai capres dari partai mana, karena masih menghitung semuanya secara detail.

Yang jelas, kata Mahfud, bila dirinya terpilih menjadi presiden Indonesia selanjutnya, sasaran utama yang akan ia perjuangkan adalah menegakkan hukum. Ia berambisi agar Indonesia kelak menggunakan supremasi hukum sebagai panglima baru.

Alasannya, di zaman Bung Karno, panglimanya adalah politik dan jatuh. Setelah itu masuk era Orde Baru yang menjadikan ekonomi sebagai panglimanya, dan tetap saja jatuh.

“Nah sekarang kami tawarkan panglima hukum, semuanya kita kawal dengan hukum. Karena setelah saya renungkan, semua program sudah kita miliki, tapi hukumnya ini yang ditegakkan lemah,” ujarnya.

Mahfud mengaku tak ingin sesumbar. Dia memiliki rencana mantap menjadi capres, karena calon yang ada dan mengemuka saat ini masih biasa-biasa saja. Semua dianggapnya punya platform seragam, tetapi tidak diimbangi dengan track record yang memadai.

Mahfud MD sempat menyampaikan, bahwa dia akan mendukung capres lain yang dianggapnya potensial, mampu membawa perubahan, dan memiliki track record yang menjanjikan. Sebab, niatnya maju sebagai capres hanya untuk menjadi alternatif dari alternatif calon yang sudah ada.

“Saya janji tak akan money politics, inilah saya, “telanjang” saja. Rakyat punya pilihannya sendiri, tapi Tuhan yang akan menentukan. Apa yang terjadi di 2014 sudah ada jawabannya di atas (Tuhan), kita tinggal konsolidasi ke sana,” ujarnya. (kompas)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 21/07/2013, in Berita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: