Mahfud MD Memilah dan Memilih Kendaraan Politiknya

mahfud mdMohammad Mahfud MD kini masih memilah dan memilih partai mana yang akan menjadi kendaraan politiknya. Hal itu dilakukannya setelah yakin akan maju sebagai Calon Presiden RI. Pilihannya telah mengerucut, antara Partai Keadilan Bangsa (PKB) atau Partai Demokrat, melalui jalur konvensi.

Pada 19 Juli yang lalu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini meresmikan MMD Initiative, sebuah lembaga yang didirikan sebagai pusat dan sosialisasi gagasan serta kegiatannya menjelang pemilihan presiden. 

Pada saat itu Mahfud MD menyatakan, bahwa terminal politiknya adalah PKB. Bagi Mahfud MD, PKB adalah alat politik resmi Nahdlatul Ulama dan terminal politiknya. Mahfud pernah menjadi kader PKB sebelum menjadi Ketua MK.

Terkait konvensi, beberapa waktu lalu putra asli Madura ini belum mengakui ketertarikannya dengan alasan masih banyak hal yang ia pertanyakan, khususnya mengenai aturan main konvensi. Namun, pada Jumat lalu, Mahfud MD menyatakan tertarik mengikuti konvensi.

Keputusan itu didasari oleh sejumlah jaminan yang diberikan kepada peserta konvensi. Hal itu diketahui Mahfud dari surat undangan dari Majelis Tinggi Partai Demokrat untuk mengikuti konvensi.

Hal-hal yang membuat Mahfud tertarik pada konvensi capres itu, karena Majelis Tinggi Partai Demokrat menjamin konvensi dilaksanakan oleh Komite Konvensi yang independen, dan ada jaminan tidak ada kandidat yang dianakemaskan dalam konvensi tersebut.

Selain itu Mahfud juga tertarik, karena penentu pemenang konvensi bukanlah dari internal Partai Demokrat atau Komite Konvensi, melainkan hasil survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei pada masyarakat pemilih.

Partai Demokrat juga menjamin akan memfasilitasi seluruh peserta konvensi saat melakukan sosialisasi terkait kegiatan konvensi. Namun Mahfud MD belum membuat keputusan, jalur mana yang akan dipilih untuk maju sebagai calon presiden. Keputusan final akan disampaikannya sekitar September 2013 nanti.

“Tidak lama, saya kira sebelum bulan September harus sudah ada sikap politik yang jelas, pilih apa, ikut mana, atau tidak ikut apa-apa,” kata Mahfud, Jumat (26/7/13).

Mahfud MD semakin yakin maju sebagai calon presiden, dengan alasan ingin melayani dan memperbaiki administrasi pemerintahan, yang saat ini dianggap masih jeblok. Dia memandang, tokoh-tokoh yang kini telah mendeklarasikan diri atau digadang-gadang menjadi calon presiden, lambat laun jumlahnya akan susut.

Nanti setelah hasil pemilihan legislatif diketahui, ia prediksi akan ada tokoh yang gagal nyapres, lantaran partai pengusungnya tak memenuhi presidential threshold.

Oleh karena itu, Mahfud MD terus membuka komunikasi dengan seluruh partai politik peserta Pemilu 2014, dan ormas Islam, serta sejumlah pimpinan dan santri di pesantren yang akan menjadi basis pemilihnya. Mahfud berjanji akan bertarung sebagai calon presiden dengan cara yang elegan.

Hukum sebagai Panglima

Bila terpilih jadi presiden, sasaran utama yang akan ia perjuangkan adalah menegakkan hukum. Ia berambisi mewujudkan Indonesia menggunakan supremasi hukum sebagai panglima baru. Alasannya, di zaman Bung Karno, panglimanya adalah politik, dan jatuh. Setelah itu masuk era Orde Baru yang menjadikan ekonomi sebagai panglimanya, dan tetap saja jatuh.

“Nah sekarang kami tawarkan panglima hukum, semuanya kita kawal dengan hukum. Karena setelah saya renungkan, semua program sudah kita miliki, tapi hukumnya ini yang ditegakkan lemah,” ujarnya.

Mahfud MD juga sempat menyampaikan, bahwa dia akan mendukung capres lain yang dianggapnya potensial, mampu membawa perubahan, dan memiliki track record menjanjikan. Karena niatnya maju sebagai capres hanya untuk menjadi alternatif dari alternatif calon yang sudah ada.

Mahfud MD yakin, presiden pada 2014 nanti akan sesuai dengan rencana Tuhan. Maka ia pun memilih mengalir dan tampil sebagai calon presiden yang “seadanya”.  (kompas)

Mafud MD di acara Bukan Empat Mata

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 28/07/2013, in Berita and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: