Mahfud MD Menikmati Mudik Lebaran

Mahfud MD Mudik LebaranTernyata bagi Mahfud MD mudik Lebaran adalah ritual yang sangat menyenangkan. Ada semacam kenikmatan spiritual di dalam kegiatan tahunan itu. Karena itu, apa pun kesibukannya, dia pasti akan selalu menyempatkan mudik lebaran bersama keluarga. Selain untuk bersilaturahmi, Mahfud bisa melepaskan penat dari kesibukan.

“Ada yang sinis mengatakan bahwa mudik itu pemborosan, seharusnya uang mudik ditabung untuk keperluan ekonomi yang lebih penting. Tapi saya tolak pandangan itu. Bagi saya kenikmatan mudik lebaran itu jauh lebih berharga daripada sekadar mempertahankan tingkat tabungan,” urainya.

“Makanya, apa pun kesibukan di depan mata, saya sempatkan mudik lebaran. Di sana bisa ketemu teman-teman sekolah waktu kecil, bisa bernostalgia, berceloteh tanpa polusi politik, tertawa-tawa lepas. Sungguh nikmat mudik lebaran, lebih-lebih sambil menyantap kue-kue buatan ibu yang dulu selalu dinikmati ketika kecil. Sungguh mengharukan dan membahagiakan,” kenangnya.

Memang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md punyai kisah tersendiri saat mudik dan Lebaran. Ada beda suasana saat masih menjadi orang biasa dan setelah jadi ketua MK.

“Dulu sebelum menjadi pejabat di Jakarta saya suka mudik nyopir sendiri dari Yogya ke Madura. Biasanya saya mudik tiga hari sebelum lebaran,” tutur Mahfud.

“Ada kenikmatan tersendiri jika pergi mudik bersama isteri dan anak sementara saya nyopir. Kami bisa berceloteh ringan, menyanyi di mobil bersama-sama, berbuka atau makan-makan di pinggir jalan. Wah, itu sangat nikmat dan sungguh indah kalau dikenang,” tambahnya.

Setelah menjadi pejabat negara, ritual mudik Mahfud menjadi lebih singkat. Bahkan agak sibuk karena harus menghadiri acara di beberapa tempat dalam kapasitasnya sebagai ketua MK atau penceramah.

“Lebaran tahun 2011 ini saya bolak-balik ke berbagai tempat. Pada hari H Idul Fitri saya menjadi khatib salat hari raya di UIN Yogya. Begitu selesai salat saya langsung terbang ke Jakarta untuk halal bihalal dengan Presiden, kemudian ke Wapres, kemudian ke keluarga Gus Dur di Ciganjur,” jelas menteri pertahanan era Gus Dur ini.

Setelah sibuk di Jakarta, mantan politisi PKB ini akan pulang kampung ke Madura dan Jember untuk silaturahmi. Pada tanggal 5 September, Mahfud akan menggelar halal bihalal di MK dan langsung berangkat umroh ke Arab Saudi.

“Biasanya saya umroh awal Ramadan, tapi tahun ini tertunda sebulan karena kemarin penuh dengan acara-acara di MK,” sambungnya. (detik)

mudik lebaran bersama

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 06/08/2013, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: