Mahfud MD Sudah Siap Nyapres

mahfud md capres 2014
Mohammad Mahfud MD menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai kandidat calon presiden pada Pemilihan Presiden 2014 mendatang. Namun Mahfud mengaku masih belum memutuskan, untuk mengikuti konvensi calon presiden Partai Demokrat.

“Kalau nyapres, bismillahirrohmanirohim, saya pasti siap. Apakah saya ikut Konvensi Partai Demokrat? Insya Allah,” kata Mahfud dalam sebuah acara dialog salah satu restoran di Jakarta, Senin lalu.

Untuk maju sebagai calon presiden, menurut Mahfud, selain melalui jalur konvensi, setidaknya ada tiga jalur lain yang dapat dilalui, yaitu maju sebagai presiden dari luar jalur konvensi, ikut koalisi partai lain, atau maju sebagai kandidat calon wakil presiden.

“Sekarang kembali lagi, itu kan pilihan (caranya),” kata Mahfud.

Mahfud Md mempunyai tiga pilihan jalan menjadi calon presiden. “Bismillah, 2014 saya akan nyapres,” kata Mahfud ketika ditemui seusai diskusi di  Jakarta.

Tiga cara itu, kata Mahfud, yakni ikut konvensi Partai Demokrat, menjadi calon presiden di salah satu partai, dan menggalang dukungan beberapa partai untuk berkoalisi. Sampai saat ini, Mahfud masih menimbang cara yang terbaik sehingga belum memberikan keputusan atas undangan konvensi penjaringan calon presiden yang bakal diusung Partai Demokrat.

“Waktu saya masih sampai tanggal 28 Agustus untuk memberi jawaban,” ujar Mahfud. Dia mendapatkan undangan baik lisan maupun tulisan dari komite konvensi dan mejelis tinggi.

Sedangkan cara kedua, Mahfud mencontohkan bisa saja diusung dari salah satu partai, misalnya Partai Kebangkitan Bangsa. Berdasarkan survei terakhir, kata Mahfud, elektabilitas Demokrat mendapatkan 9,3 persen sedangkan PKB 7 persen. Sedikit saja ada peristiwa menarik yang menjatuhkan Demokrat, tak menutup kemungkinan angka perbandingan dua partai bakal berbalik.

Cara terakhir, Mahfud bisa menggunakan cara koalisi partai-partai kecil. Dia mempertimbangkan ketiga cara ini karena merasa mempunyai modal kecil, baik uang atau mesin partai.

Sebelumnya, Mahfud menyatakan sikap tim politiknya yang meragukan Konvensi Partai Demokrat. Kendati demikian, ia membantah jika keragu-raguannya itu merupakan sinyalemen untuk mundur dari konvensi.

“Bukan saya yang mempertanyakan, tim politik saya mengatakannya,” kata Mahfud seusai menghadiri pengucapan sumpah jabatan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva di Jakarta, Kamis lalu.

Mahfud mengungkapkan, bahwa tim politiknya memberikan masukan kepadanya bahwa konvensi capres Demokrat kurang berwibawa dan hanya mencari juru kampanye. “Ini (Konvensi Partai Demokrat) seperti tidak serius. Jadi, tim politik saya tidak mengharapkan yang berkualitas,” katanya.

Ia juga mengatakan terus mengikuti perkembangan yang terjadi. Pasalnya, menurut Mahfud, niatnya maju sebagai capres ialah untuk memperbaiki negara.

“Saya ingin memperbaiki negara, bukan mencari kekuasaan atau karena peluang untuk perbaiki negara harus diraih dengan cara yang kurang bagus,” katanya. (kompas)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 27/08/2013, in Berita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: