Mahfud MD Berjanji Tak Pakai Money Politics

Mahfud MD- money politics NO!

Mohammad Mahfud MD, mantan Ketua MK, menjamin tidak akan melakukan money politics bila nanti terpilih untuk maju sebagai calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2014 mendatang. 

”Saya pastikan, saya tidak akan melakukan money politics bila kelak benar-benar maju sebagai calon presiden,” kata Mahfud dalam halaqoh Safari Kebangkitan yang diselenggarakan Majelis Silaturrahim Ulama Rakyat di Desa Bogangin, Sumpyuh, Banyumas, Rabu lalu.

Mahfud MD mengaku, dalam proses pencalonan sebagai presiden memang dibutuhkan biaya untuk proses kampanye. Namun pengertian biaya politik harus dibedakan dengan money politics. ”Biaya politik ini beda dengan money politics. Saya tidak akan melakukan money politics,” kata Mahfud menanggapi pertanyaan dari seorang peserta halaqoh itu.

Dia mengaku, bersamaan dengan persiapan sebagai calon presiden, dia memang sudah mendapatkan sejumlah donatur. Namun donatur tersebut, hanya menyatakan kesiapannya untuk mememuhi kebutuhan biaya politik minimal. Bukan untuk biaya politik yang berlebih-lebihan, apalagi untuk membiayai kegiatan money politics.

Bahkan kepada para donatur yang bersedia membantu biaya politik pencalonannya, Mahfud mengajukan sejumlah syarat. Antara lain, donatur tersebut harus berasal dari kalangan pengusaha yang bersih, tidak pernah tersangkut kasus-kasus korupsi.

Syarat kedua, pengusaha itu bukan pengusaha yang pernah mengajukan gugatan atau memiliki perkara di Mahkamah Konstitusi selama dia memimpin lembaga tinggi negara tersebut.

”Saya tidak mau kalau yang menyumbang dalam pengusaha yang pernah berperkara di MK. Nanti bisa timbul prasangka buruk, meski pun sebenarnya pemberian itu ikhlas atau tidak terkait dengan putusan MK yang pernah diputuskan pada masa lalu,” jelasnya.

Mahfud MD menyebutkan, bangsa dan negara Indonesia saat ini memang  sedang menghadapi persoalan besar menyangkut masalah pemimpinnya. Menurutnya, banyak pemimpin negara saat ini yang tersandera pemilik modal besar. Hal ini menyebabkan mereka tidak leluasa mengelola sumber daya alam, untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

”Kekuatan ekonomi Indonesia seebenarnya masuk dalam 16 besar dunia. Tapi kenapa dengan kekuatan ekonomi seperti ini, masih banyak rakyat kita yang miskin. Hal ini salah satunya karena banyak pemimpin kita banyak yang tersandera oleh pemilik modal, sehingga tak bisa leluasa mengambil kebijakan untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat,” jelasnya.

Mahfud menegaskan, yang dibutuhkan bangsa ini adalah pemimpin yang ‘merah putih’. Artinya, pemimpin yang memang memiliki keberanian dan memiliki visi ke depan, yang dilambangkan dengan warna merah. Sekaligus juga bersih atau tidak memiliki track record buruk, yang dilambangkan dengan warna putih.

”Kalau kita hanya memilih pemimpin yang berani, ini berbahaya karena bisa membawa bangsa ini ke arah kehancuran. Tapi memiliki pemimpin yang hanya bersih juga tidak baik, karena tidak akan membawa bangsa ini ke arah perubahan yang lebih baik,” jelasnya.

Diperintah Kyai untuk Nyapres

Mahfud MD mengaku mendapat dukungan dan dorongan untuk maju sebagai calon presiden pada 2014 dari sejumlah pondok pesantren.

“Alhamdulillah kalau pesantren-pesantren sudah memberikan dukungan yang kuat bahkan mendorong agar saya maju,” katanya di Magelang, Rabu lalu.

Bahkan Pondok Pesantren Kempek dan Al Hikmah mengirim surat resmi. Isinya, perintah pimpinan pondok kepada Mahfud yang pernah mondok di pesantren untuk menyiapkan diri menjadi capres guna ikut menyelamatkan keadaan di Indonesia.

“Karenanya, saya berkeliling ke pesantren-pesantren di Jawa dan juga di luar jawa seperti di Bengkulu, Pekanbaru, dan Palembang,” tambahnya.

Ia menjelaskan, sekarang banyak persoalan yang harus dijawab sehingga perlu tampil kepemimpinan yang kuat. Karena kalau hanya mengandalkan konsep menata negara, itu sudah banyak. (republika)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 05/09/2013, in Berita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: