Mahfud MD Lebih Berpeluang Jadi Capres PKB

mahfud-md-11

Peluang Mohammad Mahfud MD menjadi calon presiden dari PKB lebih besar daripada Rhoma Irama. Kendati sama-sama memiliki popularitas, Mahfud dinilai lebih unggul, karena dikenal sebagai sosok yang bersih, berprestasi dan mendapat restu dari kalangan ulama. 

“Terkhusus pak Mahfud, dia kader PKB, kader yang clear, punya prestasi dan salah satu kader terbaik PKB. Bisa saja kemudian pak Mahfud berpeluang besar didukung oleh PKB,” ujar Abdul Malik Haramain,  Wasekjen PKB, di Kompleks Parlemen, Senin lalu.

Selain itu, Mahfud MD juga sudah menyatakan diri meminta dukungan PKB untuk maju sebagai capres. Hubungan antara PKB dan Mahfud pun, juga tak lagi menjadi persoalan karena sama-sama sudah memiliki chemistry.

“Tinggal kami tunggu pak Mahfud serius tidak mau nyapres, karena setidaknya di struktur dan kiai serta ulama, sudah membicarakan Mahfud,” tutur Malik.

Anggota Komisi II DPR ini menuturkan, partainya akan menetapkan capres setelah melihat hasil Pemilihan Legislatif 2014. Dia memastikan, PKB akan berkoalisi dengan partai politik lain, baik yang beraliran religius mau pun nasionalis. “Koalisi di 2014 itu sudah tidak terhindarkan,” kata Malik.

Nama Mahfud MD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, sebelumnya masuk dalam bursa calon peserta Konvensi Capres Partai Demokrat. Namun, Mahfud menolak undangan dari komite konvensi. Dia mengatakan siap menjadi capres dari partai asalnya, yakni PKB.

“Bismillahirahmanirrahim, di tempat ini Insya Allah, saya bersedia menjadi calon presiden 2014 melalui PKB,” kata Mahfud dalam acara Majelis Silaturrahim Ulama Rakyat, di Pondok Pesantren Al Anwar Desa Bogangin, Kecamatan Sumpiuh Banyumas, Jawa Tengah.

Mahfud menyatakan, dia memiliki kesamaan visi dan misi dengan PKB. Saat mendapat undangan mengikuti Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, ia mengaku mendapat banyak masukan. Dia bahkan sempat berkonsultasi dengan beberapa tokoh NU dan PKB.

“Saya akan bersama PKB dan hanya ingin berangkat dari NU karena menurut saya PKB menjadi tempat yang bersih. Sebab, tidak mungkin jika membersihkan lumpur dari tempat yang banyak lumpurnya, atau membersihkan lantai dengan sapu yang kotor,” jelasnya. (kompas)

Demokrat Nilai Wajar Mahfud pilih PKB

Partai Demokrat menghargai keputusan Mahfud MD, yang menolak menjadi peserta konvensi penjaringan Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat. Saat ini Mahfud gencar sosialisasi kepada publik sebagai capres dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Saya kira memang dia (Mahfud MD) orang PKB,” kata Max Sopacua, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Senin lalu.

Oleh karena itu ia menilai, hal yang dilakukan Mahfud wajar dengan menolak mengikuti Konvensi Capres Partai Demokrat. Kemudian memilih PKB sebagai mesin politik untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

“Kalau toh berada di posisi Partai Demokrat atau mengikuti konvensi, dia akan bersaing dengan peserta lain. Jadi, itu keputusan yang wajar menurut saya,” ucapnya.

Dewan Pembina Partai Demokrat juga tidak mempermasalahkan keputusan mantan Mahfud MD yang memilih jadi capres dari PKB, setelah menolak menjadi peserta Konvensi Capres Partai Demokrat.

Menurut Suaidi Marasabessy, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, keputusan tersebut merupakan hak politik Mahfud MD.

“Itu hak politik Pak Mahfud. Silakan dilanjutkan,” ujar Suaidi yang merupakan Sekretaris Komite Konvensi Capres Partai Demokrat, Senin lalu. (sindo)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 16/09/2013, in Berita and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: