Mahfud MD Didukung Kiai se-Jawa untuk Jadi Capres

PBNU dan para kiai sepuh NU

Pengurus PBNU dan para kiai sepuh NU se-Jawa bertemu di kediaman KH Ahmad Dimyati Romli, pengasuh Ponpes Darul Ulum, Rejoso Peterongan Jombang. Mereka sepakat untuk mendukung pencapresan Mahfud MD. Mantan Ketua MK itu dinilai pantas karena memiliki bekal sebagai pemimpin bangsa.

“Dalam pertemuan ini, para kiai sepakat untuk mendukung Mahfud MD sebagai calon presiden 2014 mendatang,” kata KH Salahuddin Wahid, Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang saat menggelar jumpa pers, Rabu lalu.

Menurut Gus Sholah, dalam acara tertutup tersebut, memang membahas pencapresan politikus senior PKB itu. “Kita memang membahas pencapresan beliau. Sebab Mahfud MD merupakan warga NU yang cerdas dan pantas,” kata adik kandung Gus Dur ini.

Selain Gus Sholah, pengasuh Ponpes Al Anwar, Sarang Rembang, Jawa Tengah, KH Maimun Zubair juga menyatakan bersedia mendukung Mahfud MD sebagai capres. “Demi bangsa ini, saya sepakat mendukung Mahfud,” ungkap kiai dengan sapaan Mbah Mun ini.

Dalam acara itu, beberapa kiai sepuh yang hadir di antaranya, KH Maimun Zubair dari Sarang, Rembang, Jateng, KH Muchit Muzadi dan KH Hasyim Muzadi Malang, Jatim, KH Nawawi Sidogiri, Pasuruan, KH Salahuddin Wahid, Tebuireng.

KH Haris Shadaqah, Semarang, KH Badawi Basyir dari Kudus, Gus Yusuf Chudlori, Tegalrejo Magelang. Selain itu kiai dari Cirebon dan beberapa daerah di Jawa Barat juga turut hadir dalam acara ini.

Menurut KH A Dimyati Romli, sosok Mahfud MD memang sudah sepantasnya dicalonkan sebagai presiden. Sebab, selama menjabat ketua MK, Mahfud MD mampu menegakkan hukum dengan adil.

“Pak Mahfud sudah pantas. Beliau orang bersih dan sangat pantas dicalonkan sebagai presiden. Sederhananya, beliau orang jujur dan baik,” kata KH Dimyati saat jumpa pers usai menggelar pertemuan tertutup dengan Mahfud MD.

Pengasuh Ponpes Sarang, Rembang Jateng, KH Maimun Zubair dalam jumpa pers mengatakan, alasan para kiai mendukung Mahfud MD tidak lain karena kejujuran, serta kecerdasan kader NU itu.

“Kita menginginkan negara damai atau Darussalam, bukan negara Islam atau Darul Islam. Mengapa harus Mahfud MD, karena dialah sosok yang arif, bijaksana dan jujur,” imbuh KH Maimun Zubair.

Gandeng Semua Warga NU di Semua Lini

Mahfud MD mengungkapkan kesediaannya menjadi calon presiden atas dukungan para kiai. Dia telah diminta para kiai agar bersedia menjadi calon presiden pada Pilpres 2014 mendatang.

“Saya diminta para kiai sepuh, mulai ujung timur Jawa sampai ujung barat, untuk bersiap diri maju sebagai calon presiden. Dan saya bersedia,” kata Mahfud MD saat jumpa pers di Ponpes Darul Ulum Jombang.

Mahfud menambahkan, dirinya diamanati untuk menggandeng semua warga NU di semua lini. Baik di parpol mau pun lembaga lain. Selain itu, Mahfud juga menggandeng semua umat, bukan hanya dari Islam, namun dari semua kalangan.

“Saya diminta untuk berkomunikasi dengan semua kalangan, baik NU maupun aspek lainnya. Sinergitas komunikasi juga akan terjalin dari semuanya, bukan hanya umat Islam,” ujar Mahfud.

Alasan Mahfud bersedia menjadi capres adalah ingin menata bangsa Indonesia yang dianggapnya sudah karut-marut. “Filosofinya kesediaan saya, hanya ingin menata bangsa ini,” ujarnya.

Mahfud MD akan mulai menyusun agenda sosialisasi agar pasca lebaran Idul Adha Oktober mendatang, dapat langsung terjun ke lapangan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak.

“Saya akan berkelana melalui jalur darat, dari satu daerah ke daerah lain untuk mensosialisasikan diri,” kata Mahfud pada Republika usai konsolidasi dengan sejumlah ulama sepuh tersebut.

Namun dia belum mau memastikan siapa pendampingnya sebagai calon wakil presiden nanti. Menurutnya masih terlalu dini untuk menentukan, figur tersebut. Meski, sejauh ini pihaknya tetap bersinergi dengan berbagai pihak, termaksud Jokowi dari PDI Perjuangan.

Menurutnya, nama tersebut baru mulai mengerucut antara Januari hingga Maret 2014. Siapa saja yang akan menjadi pendampingnya nanti, tidak menjadi masalah. Sebab, dia akan merangkul semua kalangan, bukan hanya dari unsur politik. “Secara pribadi, dipasangkan dengan siapa saja, saya cocok,” ujarnya.

Dia menilai, sejauh ini belum ada sosok capres yang mempunyai elektabilitas menonjol. Kalaupun ada sejumlah nama yang dianggap melambung lebih awal, kata Mahfud, hanya bentukan dari opini media sehingga popular di masyarakat.

Para kyai sendiri, dia menambahkan, tidak membatasinya untuk mengandeng partai tertentu. Meskipun Nahdatul Ulama cenderung pada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). “Masalah partai, itu adalah teknis nanti di lapangan,” katanya.

Cak Imin: Teman-teman DPP Siap Jadi Tim Sukses

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan jajaran partainya siap memenangkan Mahfud MD. “Ya teman-teman DPP menjadi semacam tim suksesnya gitu lho,” ujar pria yang akrab disapa Cak Imin, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu lalu.

Muhaimin mengaku sering berkomunikasi dengan Mahfud MD. Muhaimin juga telah mempersiapkan tim sukses untuk mendukung Mahfud di Pilpres 2014.

Soal Mahfud yang mendapat dukungan kiai-kiai se-Jawa, Muhaimian menyambut positif dukungan tersebut. Menurutnya, dari sisi survei elektabilitas Mahfud juga cukup bagus.

“Kalau lihat survei, bagus. Tinggal kita kombinasi pertimbangan antara elektabilitas kemudian koalisi, karena untuk menjadi Presiden Indonesia itu paling tidak 50 persen plus satu itu harus ada. Kalau enggak bisa, enggak efektif,” tuturnya.

Sementara soal kemungkinan dirinya turut maju nyapres, Muhaimin enggan berkomentar banyak. “Oh enggak, enggak,” jelasnya sambil meninggalkan wartawan. (detik)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 18/09/2013, in Berita and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: