Mahfud MD Ingin Ada Poros Kekuatan Tengah

Mahfud MD - kekuatan tengah

Mohammad Mahfud MD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi menyatakan, untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 diperlukan satu kekuatan baru dalam berpolitik, yaitu poros kekuatan tengah, bukannya poros tengah.

“Saya lebih setuju poros kekuatan tengah. Kekuatan tengah itu yang suara partainya kira-kira 5 sampai 7%. Nah itu kekuatan tengah. Kalau itu saya setuju,” tandasnya usai berbicara dalam diskusi hukum di LIPI, Senin lalu.

Saat ditanya perihal rencana Mahfud untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2014, Mahfud berulang kali enggan mengatakan niatnya. “Kita lihat saja perkembangannya, politik kan dinamis,” katanya.

Poros kekuatan tengah sebetulnya sudah muncul sejak lama. Seperti diketahui, poros tengah merupakan langkah yang akan dilakukan partai politik menengah, seperti PPP, PKS, PKB, dan PAN, jika ambang batas parlemen atau PT disepakati lebih dari 3%.

Partai politik kelas atas seperti Golkar, Demokrat, PDIP, menginginkan PT lebih dari 3%. Sedangkan partai politik menengah keberatan dengan besaran tersebut. Partai politik menengah berharap setgab membahas soal PT jika tidak ada titik temu, poros tengah akan dibentuk.

Partai Islam Koruptornya Juga Banyak

Mahfud MD mengungkapkan, saat ini tidak ada yang namanya partai Islam. Sebab, setiap partai mempunyai ideologi nasionalis religius.

“Saya tidak melihat, sebenarnya sekarang ini ada partai Islam dan tidak Islam. Semua partai sekarang itu nasionalis religius atau sebaliknya, hanya penekanannya saja. Oleh karena itu, tidak relevan bicara Islam dan tidak Islam,” kata Mahfud usai menjadi pembicara dalam diskusi hukum di LIPI, Senin lalu.

Mahfud mengelak anggapan bahwa dirinya sebagai tokoh pemersatu partai-partai Islam. “Karena sebetulnya partai Islam itu tidak ada. Apa ukurannya partai Islam karena AD/ART nya sama. Bukan basis ideologis saya kira. Basis ideologinya sama, hanya basis massanya berbeda,” ujarnya.

“Kalau PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dan PKS (Partai Keadilan Sejahtera) massanya Muslim. Kalau yang lain kan agak sekuler, biasanya orang menyebut seperti itu. Tapi sebenarnya tidak ada yang seperti itu. Karena di PDIP kiyainya banyak. Sementara di partai Islam koruptornya juga banyak, kan sama,” kata Mahfud.  (inilah)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 01/10/2013, in Berita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: