JK, Mahfud MD dan Jokowi Capres Paling Kuat

Mahfud MD dan JK

Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan The President Center dengan para wartawan politik di Jakarta, Jusuf Kalla (JK), Mahfud MD, dan Jokowi merupakan Capres 2014 yang paling kuat dan kompeten.

JK memperoleh nilai tertinggi 516, disusul Mahfud MD 484, dan Jokowi 480. Kemudian di peringkat ke-4 sampai 8 adalah Prabowo Subianto (373), Wiranto (446), Dahlan Iskan (444), Megawati Soekarnoputri (443), dan terakhir ARB 442 angka.

“Besarnya angka yang diperoleh JK karena terbukti memberikan harapan ketika menjadi Wapres SBY 2004-2009, sehingga pantas kalau dinilai paling berkompeten,” kata Direktur The Presiden Center Didied Mahaswara di Jakarta, Rabu lalu.

Penilaian tersebut berdasarkan sepuluh kompetensi: dari kompetensi pribadi, agama, ideologi politik, ekonomi dan kesejahteraan rakyat, wawasan kebangsaan, hak asasi manusia, penegakan hukum, hubungan luar negeri.

Menurut Didied, jajak pendapat wartawan politik terhadap ke delapan Capres 2014 tersebut bersifat dinamis. Dan masih bisa berubah sampai digelarnya pemilu legislatif pada 9 April 2014 mendatang. Karena perkembangan sosial politik tanah air yang selalu berubah.

“Setidaknya, penilaian politik ini bisa menjadi pegangan di mana JK, Mahfud MD dan Jokowi sebagai Capres 2014 paling kuat dan kompeten,” ujarnya. The President Center akan mengevaluasi jajak pendapat ini setiap tiga bulan sekali.

Sepuluh point kompetensi yang didasarkan kepada 8 Capres yang terpublikasi itu meliputi; Pertama, kompetensi pribadi yang antara lain terkait ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, iman dan takwa, memiliki latarbelakang keluarga yang baik, sehat jasmani dan rohani, dan berwibawa.

Kedua, kompetensi kepemimpinan leadership, organisasi, pemerintahan, reformasi birokrasi, berwawasan luas, mampu memotivasi, berani membuat keputusan dan sebagainya.

Ketiga, kompetensi ideologi, politik, dan kenegaraan. Yaitu memiliki implementatif terhadap Pancasila, politik praktis, meredam gejolak sosial politik, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan sebagainya.

Keempat, kompetensi agama, spiritual dan sosial, meliputi menjaga kerukunan antarumat beragama, menjaga pluralitas, kebhinnekaan, aspiratif terhadap suara rakyat, dan sebagainya.

Kelima, kompeten dalam ekonomi, keuangan, kewirausahaan, koperasi, dan perpajakan.

Keenam, kompeten dalam hal bela negara, pertahanan dan keamanan, hukum, dan HAM.

Ketujuh, kompetensi dalam sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, dan teknologi meliputi pemberdayaan SDA, sumber daya manusia (SDM).

Kedelapan adalah kompetensi dalam hubungan internasional dan LSM asing (NGO), meliputi antara lain mampu meningkatkan Indonesia sebagai negara yang maju sejajar dengan negara lain di dunia. (tribun)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 16/10/2013, in Berita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: