Penegakan Hukum Harus Dimulai dengan Benahi Birokrasi

Mahfud MD benahi birokrasi

Mohammad Mahfud MD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi menyatakan, bahwa penegakan hukum yang berkeadilan demi kemandirian ekonomi harus dimulai dengan pembenahan birokrasi. 

“Pelanggaran hukum di birokrasi lebih parah daripada pengadilan, karena birokrasi menjalankan pemerintahan sehari-hari, baik tingkat pusat maupun daerah,” kata Mahfud dalam seminar Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, di Jakarta, Selasa lalu.

Mahfud melanjutkan, Indonesia telah memiliki konstitusi yang jelas untuk berpihak pada kesejahteraan di semua bidang termasuk industri.

“Aturan-aturan itu memihak buruh. Tapi pada tataran kebijakan birokrasi kita itu tidak benar, dan selalu menjual-belikan kepentingan rakyat untuk kepentingan diri sendiri,” kata Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta itu.

Ia menilai kebijakan Pemerintah Indonesia saat ini seakan melarang buruh dan petani untuk kaya, tapi juga tidak mematikan keduanya.

“Buruh dan petani tetap dipelihara. Begitu mereka mempunyai harga tawar yang tinggi dan minta harga naik, didatangkanlah barang impor,” katanya.

Kebijakan yang demikian, lanjut Mahfud, terjadi karena badan legislatif di Indonesia dikuasai pemilik modal yang telah memenangkan para legislator ketika maju dalam pemilihan umum.

“Lalu badan legislatif akan membuat kebijakan yang akan menguntungkan pengusaha. Jadi kursi-kursi di DPR itu sudah dipesan,” kata Mahfud.

Mahfud menambahkan, rakyat Indonesia cenderung akan bersatu untuk mencari pemimpin yang bersih dan berani pada masa akhir krisis kepemimpinan.

Saat menjawab pertanyaan langkah apa yang akan dilakukannya untuk menindak para koruptor, Mahfud menjelaskan ada tiga hal yang akan dilakukan.

“Yang pertama yang perlu diingat bahwa setiap kejahatan akan menimbulkan kerugian, kemudian dihukum seberat-beratnya, dan yang terakhir melakukan pembuktian terbalik,” jelas Mahfud MD.

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 17/10/2013, in Berita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: