Mahfud MD Belum Tentukan Posisi dalam Pilpres

Mahfud MD Capres RI

Mohammad Mahfud MD mengakui banyak kalangan yang mendekatinya untuk ikut dalam bursa Calon Presiden 2014. Namun sampai saat ini dia masih melakukan pemetaan politik, dan belum mengerucut pada keputusan apa pun.

“Sekarang belum bisa menentukan, sebelum tahu posisi masing-masing partai dapat berapa,” kata
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) di Kediri, Jawa Timur, Ahad lalu.

Mahfud MD menyatakan, sampai saat ini belum menentukan keputusan apakah dirinya akan maju sebagai calon presiden, calon wakil presiden, atau tidak dalam posisi apa pun. Diperkirakan Mahfud akan bicara soal jawaban keikutsertaannya dalam bursa pencalonan presiden pada Februari 2014.

“Semua sudah masuk dalam kalkulasi politik yang sedang saya lakukan. Lobi politik akan mengerucut sebelum pemilu legislatif atau sekitar Februari-Maret,” katanya.

Sejumlah partai politik memang mengindikasikan tertarik untuk menggandeng mantan Mahfud MD dalam bursa pencalonan Pemilu Presiden 2014.

Seperti yang pernah diungkapkan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung. Dia sempat menyebut nama Mahfud MD sebagai kandidat calon Wakil Presiden potensial untuk mendampingi Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie.

“Itu (Mahfud MD) menjadi bagian dari pertimbangan siapa yang tepat menjadi wapres. Tentu tidak tertutup nama yang lain,” ujar Akbar Tanjung di Jakarta.

Menurut Akbar, latar belakang seorang tokoh cukup memberikan pengaruh yang besar dalam pertimbangan masyarakat di Indonesia untuk memilih calon pemimpin. Misalnya, selain etnis adalah latar belakang militer, atau dari latar belakang cendekiawan.

Pertimbangan berdasar latar belakang tokoh juga masih menjadi pertimbangan masyarakat Indonesia untuk memilih. Salah satunya adalah pertimbangan latar belakang etnis. Latar belakang Jawa-Non Jawa masih memiliki efek signifikan dalam peta kekuatan politik di Indonesia.

“Jawa kan mayoritas, suku jawa ini tersebar di pulau lain juga. Jadi Jawa (tentu) menjadi pertimbangan,” ujar Akbar.

Dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nampaknya juga mulai menunjukkan keinginan untuk mengusung Mahfud MD sebagai calon Presiden 2014. Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPP PKB Malik Harmain.

Ia menilai sosok Mahmud memiliki komunikasi yang baik dengan banyak pihak, sehingga banyak pihak berani menjagokannya maju dalam Pilpres 2014, terutama di internal PKB.

Sedang Ketua Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila Uniska, KH Anwar Iskandar menegaskan, bahwa sosok Mahfud merupakan salah satu tokoh bangsa yang mempunyai pemikiran bagus ke depan. Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh calon Presiden ke depan. (antara)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 20/10/2013, in Berita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: