Mahfud MD Cerita tentang Gus Dur Melindungi Petani

Mahfud MD cerita Gus Dur

Mohammad Mahfud MD menyebut Presiden RI ke-3 KH Abdurrahman Wahid satu-satunya presiden yang melindungi kaum petani. Gus Dur dengan tegas menolak impor cengkeh. Lalu Mahfud MD menceritakan keberhasilan Gus Dur membela kaum petani.

“Gus Dur itu melindungi petani. Saat saya diajak ke Manado, pada krisis moneter tahun 2007 lalu. Petani di Sulawesi makmur, karena harga cengkeh Rp 84 ribu per kilogram. Karena Gusdur melarang impor terhadap cengkeh,” ungkap Mahfud MD di Kediri.

Kebijakan melarang impor cengkeh yang dikeluarkan Gus Dur menghantam industri rokok di dalam negeri. Beberapa pabrik terpaksa tutup karena tidak mampu membeli cengkeh. Akan tetapi, di sisi lain, petani cengkeh justru kaya karena harga cengkeh lokal tinggi.

“Beberapa pemilik pabrik rokok datang ke Gus Dur, mereka meminta agar bisa mengimpor cengkeh. Jawab Gus Dur enak, kalau kamu impor boleh, tapi pajaknya 70 persen. Tentu saja, mereka mundur. Sehingga rakyat Manado sangat mengelu-elukan Gus Dur, sebagai Bapak Bangsa,” imbuh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Setelah Gus Dur turun, harga cengkeh ikut turun menjadi Rp 20 ribu perkilogram. Itu karena kebijakan melarang impor cengkeh era Gus Dur sudah dicabut pemerintah penggantinya. Mahfud juga membeber kebijakan buruk pemerintah yang berdampak pada lemahnya ketahanan pangan Indonesia.

“Tahun 2002 silam, di Indonesia rame-rame impor paha ayam dari Amerika. Saat itu, harga daging ayam 1 kg ayam Rp 6,5 ribu. Kemudian ada impor dari Amerika yang hanya Rp 4 ribu perkilogram. Akhirnya peternak rugi. Padahal di Amerika, paha ayam itu dibuang. Di sini malah dimakan. Tentu saja peternaknya rugi,” jelas Mahfud.

Mahfud MD melontarkan kritik pedas terhadap pemerintah sekarang ini. Ia mendesak kepala pemerintah turun tangan untuk mengintervensi demi kesejahteraan rakyat. Sudah saatnya pemerintah memikirkan nasib para petani. (beritajatim)

Video musik Iwan Fals – Desa (karaoke)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 21/10/2013, in Kisah, Video and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: