Mahfud MD – Korupsi itu Soal Moral

mahfud md berantas korupsi
Mohammad Mahfud MD menyatakan, bahwa korupsi yang telah menyusahkan kehidupan rakyat di negeri ini disebabkan oleh runtuhnya moral para pengambil keputusan di berbagai lini pemerintahan. Juga melebar ke berbagai lembaga negara dan legislatif, maupun lembaga pendidikan.

“Ini soal moral. Di KPK, koruptor bukan hanya orang parpol, tapi dari berbagai profesi: hakim, jaksa, pengacara, polisi, dosen, dokter, agamawan,” begitu kicauan Mahfud MD di akun twitternya belum lama ini.

Memang apa yang dikatakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu memang benar. Moral bangsa ini kian hari makin rusak saja. Koruptor tidak lagi malu fotonya dipajang di layar televisi.

Seperti yang dikatakan profesor Sahetapi dalam sebuah dialog di tv swasta, bahwa para koruptor tak ada malunya. Malah ia menyayangkan para koruptor tengik itu malah ketawa-tawa saat diwawancarai wartawan.

Itulah mungkin yang melatarbelakangi Mahfud MD menyatakan bahwa masalah korupsi itu adalah karena masalah moral yang sudah kian keropos. Sampai-sampai proyek pengadaan Al-Qur’an juga dikorupsi.

Makanya untuk mengatasi merajalelanya korupsi di negeri ini Mahfud usul pemberlakuan Undang-undang Pembuktian Terbalik. Jika UU itu diterapkan, maka seorang pejabat negara harus mampu membuktikan seluruh harta kekayaannya setelah tidak lagi jadi pejabat.

Pejabat dengan gaji sebulan Rp 25 juta, setelah lima tahun selesai, tapi hartanya lebih dari Rp 25 juta dikali lima tahun, maka kelebihannya harus dianggap korupsi.

Pejabat itu diberi waktu dua bulan untuk membuktikan bahwa kelebihan harta itu bersih. Apakah dari usaha atau dari warisan. Jika tidak ada sumber itu, ya berarti korupsi.

Pandangan Mahfud MD Tentang Korupsi di Indonesia

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 22/10/2013, in Berita, Video and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: