Mahfud MD Raih Anugerah Social Media Awards

Mahfud MD raih Social Media Award 2013

Mohammad Mahfud MD menerima anugerah penghargaan sebagai tokoh yang mendapat sentimen positif di Media Sosial selama tahun 2013. Penghargaan itu ditujukan kepada para tokoh yang aktif menggunakan media sosial sebagai sarana interaksi dengan masyarakat. Award diserahkan dalam acara yang digelar Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa lalu. 

Dalam sambutannya Mahfud MD menyampaikan terima kasihnya atas pemberian anugerah Sosial Media 2013. Pasalnya, dia mengaku tidak pernah bermimpi untuk terjun di media sosial agar mendapat penghargaan bergengsi ini.

Memang diakui mantan Ketua MK ini, bahwa berkomunikasi di media sosial tergerak awalnya dari hobi. Namun, komunikasi yang terbentuk hidup dan alami membuat dia berharap demokrasi di Indonesia bisa berkembang melalui media sosial.

“Sekarang ini sosial media sudah hampir disepakati sebagai pilar demokrasi. Perkembangan 2-3 tahun, ternyata sangat dipengaruhi oleh sosial media,” tutur Mahfud MD.

Karena itu, Mahfud berharap agar banyak pihak memakai sosial media sebagai salah satu saluran untuk berdemokrasi dan mengungkapkan pendapat.

“Sosial media adalah satu saluran bagi kita bangun demokrasi, menyatakan pendapat kita,” kata Mahfud MD.

Karena itu, penghargaan yang didapatnya ini dipersembahkan untuk perkembangan demokrasi di Indonesia. “Penghargaan ini untuk perkembangan demokrasi di Indonesia,” jelasnya.

Selain Mahfud MD ada dua tokoh lain yang mendapatkan penghargaan di bidang sosial media itu. Mereka adalah Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi.

Mahfud MD raih Social Media Award 2013

Sosial Media menjadi Tren Baru

Media sosial seperti twitter dan facebook dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi instrumen penting untuk mengukur persepsi masyarakat terhadap para tokoh politik.

Media alternatif ini bahkan mampu menandingi media konvensional seperti tv, adio dan surat kabar, dengan isu-isu yang tak selalu sama dengan media mainstream.

Tak jarang pula isu politik yang bermula di social media menjadi rujukan media-media lain. Tren media kini sudah bergeser, dan sosmed mampu mencuri perhatian di tengah gemuruh kebebasan arus informasi di Indonesia.

Melihat makin pentingnya Sosial Media, khususnya dalam politik Indonesia, Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group yang didukung PoliticaWave, memberikan Social Media Awards kepada para tokoh politik nasional.

Tiga nama tokoh nasional akan menerima awards tersebut, Mantan Ketua MK, Mahfud MD, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Social Media Award merupakan penghargaan kepada para tokoh dan merek-merek yang memiliki share of voice yang tinggi di media sosial.

Pengumpulan data dilakukan MediaWave dan PoliticaWave dengan memonitor pembicaraan konsumen atau stakeholder di media sosial termasuk social networks site (Facebook dan Twitter), blog, news, video, forum dan images.

Handi Irawan, CEO dari Frontier Consulting Group menjelaskan, bahwa metodologi Social Media Award 2013 diperoleh dari earned media share of voice by sentimen index. Software ini menangkap pembicaraan yang terjadi di social media. Dan kemudian memilahnya menjadi conversation yang bersifat positif, netral dan negatif.

Secara sederhana, indeks akan semakin tinggi bila sebuah merek mendapatkan banyak perbincangan positif dan netral di social media. Namun akan semakin kecil jika terlalu banyak diperbicangkan secara negatif.

Ia menambahkan, Social Media Award yang diberikan kepada para tokoh nasional tersebut mempertimbangkan penilaian langsung dari masyarakat di media sosial.

“Dengan sentimen index positif yang tertinggi dibandingkan tokoh-tokoh nasional yang lain, menjadikan mereka unik dan layak diberikan penghargaan ini,” kata Handi. (tribun)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 23/10/2013, in Berita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: