Mahfud MD Tidak Khawatir JK Jadi Capres PKB

Mahfud MD bersaing dengan JK dan Rhoma Irama jadi capres PKB

Mohammad Mahfud MD tidak merasa khawatir dengan pencalonannya sebagai presiden di Pemilu 2014 mendatang. Dia tetap tenang meski sejumlah pimpinan PKB di empat daerah mengusulkan nama mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjadi Capres juga.

Mahfud MD bahkan tidak akan menolak jika JK menjadi capres PKB. Namun ia mengingatkan, aspirasi kader PKB di daerah ini harus disertai pemenuhan syarat Presidential Threshold sebesar 20 persen.

Mahfud MD menyatakan, saat ini PKB dan semua partai politik lainnya harus berupaya terlebih dahulu untuk mengumpulkan suara di Pemilu Legislatif 2014. Ia sendiri mengaku tidak keberatan dengan pengusungan nama JK dan Rhoma Irama sebagai bakal capres PKB.

“Tidak apa-apa juga kan, semuanya mesti diaudit. Biar nanti akan mengerucut itu secara politis, secara fair. Dan menurut saya, siapa pun nanti yang akan muncul disitu, asal yang terbaik bagi bangsa dan negara, menurut saya tidak menjadi masalah, ” ungkap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Usulan JK sebagai capres

Sebelumnya 11 pimpinan daerah PKB dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua menemui Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar mendukung Jusuf Kalla untuk menjadi calon presiden. PKB Jambi bersama empat daerah lainnya merupakan motor pencalonan Jusuf Kalla.

Mereka melaporkan usulan yang berkembang di daerah mengenai perlunya mengajukan mantan Wapres Jusuf Kalla sebagai calon presiden dari partai kaum nahdliyin.

“Pak Muhaimin menyambut baik, karena dengan demikian akan muncul banyak pilihan calon presiden,” kata Sofyan Ali, Ketua DPW PKB Jambi, Sabtu malam.

Pertemuan pimpinan derah PKB dengan Muhaimin dilakukan di perumahan menteri, Widya Chandra, Jakarta, Kamis malam, setelah 10 pimpinan PKB se-Sumatera menggelar pertemuan di Medan. Dalam pertemuan dengan Muhaimin, ikut pula Ketua DPW PKB Kaltim, yang baru bergabung di Jakarta.

Sofyan Ali menambahkan, dalam pertemuan tersebut, Jambi mengusulkan, bila nanti PKB berhasil memperoleh suara pada pemilu legislatif April 2014 melebihi 15 persen maka Muhaimin pantas menjadi calon wakil presiden.

“Kombinasi antara Jusuf Kalla dan Muhaimin adalah kombinasi yang sempurna antara Jawa-luar Jawa, muda dan senior,” ujar Sofyan Ali.

Sebelumnya Rhoma Irama dan Mahfud MD sudah disebut-sebut masuk dalam bursa calon presiden dari PKB. Muncul pula wacana pasangan calon Joko Widodo atau Jokowi dengan Jusuf Kalla.

Belum Ada Capres yang Kuat

Mahfud MD menyatakan dengan tegas bahwa dia siap menjadi calon presiden yang akan bersaing dengan calon lain pada Pilpres 2014. “Saya calon presiden dan saya siap untuk itu,” tegas Mahfud MD usai menghadiri wisuda STTII di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Sabtu.

Mahfud menyatakan, kalau tidak diberi alternatif, calon-calon yang ada sekarang juga rawan untuk penyelesaian ke depan. “Makanya sekarang saya siap menjadi calon presiden atas dorongan semua pihak,” kata Mahfud.

Menurut Mahfud, sudah banyak alternatif politik yang sedang dijajakinya saat ini, selain maju melalui PKB, juga akan berkoalisi dengan partai lain, atau berkoalisi dengan partai, baik yang sudah menentukan calon maup un belum. “Nanti paling lambat pada April atau secepatnya Januari 2014 sudah bisa mengerucut,” ujarnya.

Mahfud menilai, sejumlah calon yang ada saat ini tidak ada satu pun yang kuat, dan masih jauh dari memenuhi syarat untuk menuju Pilpres 2014.

“Anda pikir Jokowi paling kuat, iya hasil surveinya, tetapi belum tentu PDI Perjuangan mendukungnya. Saudara bilang Prabowo paling kuat, iya itu hasil survei pribadinya, tetapi belum tentu partainya masuk parliamentary threshold atau 20 persen. Kemudian Golkar kuat, tapi figurnya di dalam masih pecah. Jadi, semua orang yang disebut sekarang itu jaraknya masih sama, masih jauh ke finis dan pada Januari atau Februari 2014 baru mulai bisa dilihat siapa yang kuat,” ujar Mahfud. (antara)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 28/10/2013, in Berita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: