Mahfud MD Berpotensi untuk Jadi Cawapres

Mahfud MD bisa jadi Cawapres

Semua Parpol masih menjajaki semua peluang untuk mematangkan Capres dan Cawapres mereka. Nama Mohammad Mahfud MD memang paling potensial untuk dirangkul partai tiga besar, seperti Partai Golkar, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat untuk dijadikan Cawapres.

“Semuanya masih mungkin mempersuasi pasangan terutama dalam perebutan partai-partai tengah. Nama seperti Mahfud MD, Jusuf Kalla dan lain-lain masih mungkin didorong oleh partai-partai tengah,” jelas Gun Gun, pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulloh, Jakarta, Selasa lalu.

Mahfud MD memiliki integritas dan elektabilitas yang tinggi, yang membuatnya digadang-gadang oleh beberapa Parpol untuk menjadi Capres maupun Cawapres.

“Jadi, sosok seperti Mahfud MD ini memang akan dihitung sebagai sosok potensial. Terlebih di jabatan RI 2 jika dipasangkan dengan kandidat capres partai-partai the big three,” tegasnya.

Menurutnya, sangat wajar jika Partai Golkar membidik Mahfud MD untuk mendampingi Aburizal Bakrie  bertarung di pemilu 2014 mendatang. Apalagi, hingga kini elektabilias dan popularitas Ical masih tertinggal dari capres lainnya.

“Ical harus mampu meyakinkan partai papan tengah untuk tetap melaju, dan mencari sosok yang elektabilitasnnya tinggi. Mahfud bisa saja mendompleng elektabilitas Ical,” jelas Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute itu.

Elektabilitas Meningkat, Mahfud MD Bisa Dampingi Ical

Partai Golkar memang sudah menerima beberapa nama untuk dijadikan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan diduetkan dengan Aburizal Bakrie, pada Pemilihan Presiden 2014 mendatang. Dari beberapa nama, Mahfud MD disebut memiliki kapasitas yang mumpuni untuk mendampingi Ical bertarung di 2014.

“Sebenarnya kita belum memutuskan soal cawapres yang akan mendampingi Pak Ical. Sebab kami secara resmi telah menyerahkan sepenuhnya pada Pak Ical. Namun kalau melihat tingkat elektabilitas dan basis massa, peluang Mahfud MD cukup besar untuk cawapres Pak Ical,” jelas Bambang Soesatyo, Senin lalu.

Kendati demikian, nama Mahfud belum final untuk dipilih mendampingi Ical. “Kita belum masuk pada kesimpulan final,” kata anggota Komisi III DPR itu.

Menurut Tantowi Yahya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Golkar, pilihan Cawapres sepenuhnya ada di tangan Ical. “Sesuai amanat Rapimnas IV/2012, capres diberikan hak untuk menentukan calon pendampingnya,” kata Tantowi.

Seperti diketahui, partai beringin ini sedang membidik beberapa nama untuk mendampingi Ical. Yakni mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Pramono Edhie Wibowo, Menteri BUMN Dahlan Iskan dan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Khofifah Indar Parawansa.

Jusuf Kalla Siap Maju Jadi Capres PKB

Mohammad Jusuf Kalla, Mantan wakil presiden merespons positif dukungan sejumlah kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di berbagai wilayah, agar dirinya maju menjadi calon presiden.

JK menyatakan kesediaannya jika diusung menjadi capres partai kaum nahdliyin tersebut. Penegasan ini disampaikan JK di sela-sela acara jalan santai Hari Ulang Tahun Kota Makassar ke 406, Minggu lalu.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu bahkan mengucapkan terima kasih jika PKB benar-benar bersedia mengusung dirinya sebagai capres. Dia berjanji akan memegang amanah tersebut jika PKB serius mendukungnya.

Sebelumnya dukungan atas pencalonan JK untuk maju sebagai capres PKB di antaranya muncul dari kader Green Party di Sumatera dan Sulawesi. Kepada para pengurus DPP PKB, mereka mengusulkan agar mengusung JK sebagai calon presiden pada Pemilu 2014. (sindo/okezon)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 29/10/2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: