Mahfud MD Puji Kepemimpinan Jokowi di Jakarta

Mahfud MD - Jokowi

Mohammad Mahfud MD mengapresiasi Pemerintah Provinsi DKI di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakilnya Basuki Tjahaja Purnama dalam mengungkap beberapa kasus penyalahgunaan anggaran oleh pegawai negeri sipil DKI. Menurut Mahfud, Jokowi merupakan salah satu contoh pejabat yang bekerja dengan apa adanya.

“Kalau Jokowi, saya kira dia salah satu contoh pejabat yang bekerja apa adanya, penuh kesederhanaan, dan kesungguhan. Saya kira enggak ada-lah yang bisa membantah itu,” kata Mahfud, seusai menjadi pembicara dalam Diskusi Kearifan lokal dan Penguatan SDM Aparatur Yang Melayani, di Balaikota Jakarta, Selasa lalu.

Mahfud MD melihat beberapa saat akhir-akhir ini, Pemprov DKI berani membuka anggaran dan melakukan terobosan, agar tidak terjadi penyelewengan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) DKI. Selain itu, langkah Jokowi-Basuki dengan tidak menutupi dan melindungi jajaran di bawahnya yang terkena tindak pidana korupsi, juga perlu diapresiasi.

Sikap kooperatif tersebut yang membuat pihak lembaga pengawas keuangan maupun lembaga hukum dengan mudah untuk melakukan penelusuran aliran dana para pejabat.

“Kadangkala di berbagai tempat, ada orang terlibat korupsi lalu disembunyikan. Atasannya melindungi karena takutnya dirinya kena juga,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Secara objektif, Mahfud melihat Jokowi sebagai seorang pekerja keras, yang mampu memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia.

Selain itu, Jokowi juga merupakan contoh seorang pejabat tanpa catatan korupsi. Oleh karena itu, dia dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dari masyarakat dengan mudah. Satu hal yang paling banyak berubah di dalam tubuh Pemprov DKI, apabila dibandingkan dengan pemerintahan sebelumnya, adalah birokrasi. Misalnya, dengan pelaksanaan seleksi promosi jabatan terbuka atau lelang jabatan.

“Lelang itu kan untuk mengefisienkan dan meningkatkan kualitas birokrasi. Saya kira banyak yang sudah dilakukan,” kata alumnus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu.

Jokowi dan Mahfud Dianggap Paling Tepat Dampingi Ical

Nama Joko Widodo alias Jokowi dan Mahfud MD, dianggap paling mencuat di antara sejumlah nama yang diusulkan kader Golkar sebagai calon pendamping Aburizal Bakrie, yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2014.

Tantowi Yahya Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, menjelaskan bahwa usulan nama-nama calon pendamping Ical muncul dari internal partainya. Ia memprediksi, nama-nama tersebut akan terus muncul dan diajukan saat Golkar menggelar Rapimnas.

“Nama yang moncer, seperti Jokowi, dan Mahfud MD itu ada diusulkan,” kata Tantowi di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu lalu.

Anggota Komisi I DPR itu menyatakan, alasan tingginya dukungan untuk Jokowi dan Mahfud sebagai pendamping, karena keduanya berasal dari suku Jawa, yang dianggap mampu melengkapi Ical. Selain itu, ada juga usulan untuk menggaet calon wakil presiden yang memiliki latar belakang militer, seperti Pramono Edhie Wibowo yang kini menjadi peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat.

“Soal (suku) Jawa itu, UUD 45 mengatakan setiap warga negara Indonesia berhak menjadi presiden, tapi dalam tataran praktisnya kan perlu juga yang berasal dari suku Jawa, atau berlatar belakang militer,” katanya.

Meski sejumlah nama bermunculan, siapa calon wakil presiden yang akan diusung, menjadi wewenang penuh Ical. Hal itu telah diatur dan merupakan amanat dari Rapat Pimpinan Nasional sebelumnya.

Pada November 2013, Golkar akan kembali menggelar Rapimnas. Forum itu akan membahas isu-isu politik, sekaligus mengevaluasi program internal. Selain itu juga akan membahas calon wakil presiden yang akan mendampingi Aburizal Bakrie pada Pemilihan Presiden 2014. Peserta Rapimnas dipersilakan mengusulkan sejumlah nama yang dianggap layak menjadi calon wakil presiden. (kompas)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 29/10/2013, in Berita and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: