Mahfud MD Sarankan PKB Gelar Konvensi Capres

Mahfud MD & Muhaimin Iskandar

Mohammad Mahfud MD menyarankan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk membuka diri, menampung, dan menawarkan alternatif pimpinan nasional. Mahfud menyontohkan konvensi Partai Demokrat dalam menjaring calon presiden.

“Konvensi Demokrat saja menawarkan 11 orang. PKB juga bisa menampilkan banyak nama,” kata Mahfud sebelum menghadiri diskusi di Jakarta, Rabu lalu.

Mahfud MD mengakui kansnya menjadi capres tidak kecil. Selain itu, Mahfud juga menilai Jusuf Kalla sebagai figur yang bagus untuk capres.

“Jusuf Kalla juga bagus kalau jadi Presiden. Orangnya tegas. Leadership-nya kuat, terbukti bersih, dan punya modal. Tak salah juga kalau PKB memilih dia,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Mahfud menyatakan, di PKB juga pernah ada yang mengusulkan nama-nama Jokowi, Ani Yudhoyono, dan Pramono Edhie. “Menurut saya itu kreatif, sebagai bagian dari kontestasi politik,” kata Mahfud MD.

Konvensi Alat Regenerasi Kepemimpinan

Regenerasi dalam kepemimpinan nasional hanya bisa berjalan bila ada iklim kondusif, demokratis, dan fair kepada kaum muda, untuk berkiprah dalam kepemimpinan nasional. Kepemimpinan nasional ini dalam arti menjadi seorang presiden.

“Agar muncul calon presiden potensial dari perseorangan, maka partai sebaiknya melakukan konvensi. Saya mendukung gagasan ini, sebab konvensi membuka peluang bagi kaum muda yang berpotensi untuk menjadi capres,” kata Akbar Tandjung di Gedung DPR RI, Kamis lalu.

Kaum muda yang berpotensi menjadi capres, adalah kaum muda yang memiliki pengalaman politik, pengalaman dalam birokrasi pemerintahan, dan pengalaman di DPR. Dengan berbagai macam pengalaman itu, maka ia bisa membuat keputusan politik yang terbaik bagi bangsa yang dipimpinnya, karena memiliki pengalaman yang matang.

Jika ada pemuda semacam itu di dalam parpol, maka harus diberi kesempatan untuk maju melalui konvensi. “Sebenarnya ide konvensi ini merupakan saya yang dicetuskan pada 2004, Demokrat mengapreasiasinya dengan melakukan konvensi untuk mencari capres,” katanya.

Mungkin, idenya soal konvensi disampaikan oleh kader Demokrat kepada SBY. Jadilah konvensi dilakukan oleh Demokrat.

PKB Cenderung Usung Duet JK-Mahfud MD

PKB lebih memilih mencalonkan Jusuf Kalla dan mantan Ketua MK, Mahfud MD, untuk diusung menjadi capres-cawapres 2014 meskipun ada kemungkinan kandidat lainnya.

“PKB masih menganalisa berbagai kemungkinan terkait pengusungan calon presiden dari PKB. PKB lebih cenderung mengusung JK-Mahfud MD atau sebaliknya, meskipun ada kemungkinan JK-Jokowi atau Mahfud MD-Jokowi,” kata Abdul Malik Haramain, Wasekjen PKB, di Jakarta, Kamis lalu.

Baik JK maupun Mahfud MD merupakan tokoh yang tak diragukan lagi kemampuannya. “Apalagi di mata Nahdliyin, keduanya sudah tak asing lagi. Keduanya adalah warga Nahdliyin. Jadi tak sulit lagi,” ungkap Malik.

PKB telah melakukan pertemuan dan komunikasi dengan JK. “Sudah terjadi pertemuan antara JK dan PKB sehingga terjadi pembicaraan ke arah capres Respon JK baik, mengapresiasi dengan niat PKB yang memasukkannya dalam bursa capres,” katanya.

Diusungnya kedua nama tersebut, karena PKB juga ingin melihat respon publik. “Sedang dikaji dan sedang diuji publik oleh PKB untuk ketahui acceptabilitynya,” kata anggota Komisi II DPR RI itu.

Yang pasti, keinginan PKB untuk mengusung capres karena Pemilu 2014 tak ada partai yang mampu mencapai perolehan suara 20 persen secara nasional. “2014 sulit untuk tidak berkoalisi, PKB juga berkomunikasi dengan partai lain agar terjadi koalisi 2014 dengan PKB. Berapapun suara PKB, tetap diperlukan untuk berkoalisi,” kata Malik.

Muhaimin Enggan Komentari Wacana JK-Mahfud MD

Nampaknya Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB, masih enggan berkomentar tentang wacana partainya yang akan menduetkan Jusuf Kalla-Mahfud MD dalam bursa pencalonan presiden pada pilpres 2014.

“Semua masih dalam proses dan akan dilihat semua nanti,” kata Muhaimin ketika ditemui dalam acara pembukaan Job Fair 2013 di Gedung Wanita Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Rabu lalu.

Ia juga mengatakan, sampai saat ini masih belum ada keputusan resmi dari PKB terkait dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung dalam Pemilu Presiden 2014. “Nanti setelah pemilu dan tidak bisa sekarang,” katanya singkat. (antara/rol)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 31/10/2013, in Berita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: