MMD Initiative Sudah Terima 10 Aduan Konstitusi

Mahfud MD terima aduan Konstitusi

MMD Initiative yang dibuka sebagai posko pengaduan konstitusi untuk masyarakat, sejak 21 Oktober yang lalu  sudah menerima 10 pengaduan. Aduan masyarakat itu berkaitan dengan kasus Pilkada di Bali, Jawa Timur, Deiyai, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Maybrat.

“Sejak dibuka, posko menerima 10 aduan, enam di antaranya terkait pilkada, empat lainnya berupa aspirasi politik, atau surat ke MK yang ditembuskan ke sini,” kata Mahfud MD, Ketua Dewan Pembina MMD Initiative di Jakarta, Sabtu.

Menurut Mahfud MD, sebenarnya banyak sekali aduan yang masuk. Namun Posko hanya mau menerima aduan yang dianggap melanggar etik dan pidana.

“Kita tidak menerima aduan karena kalah. Karena biasanya pihak yang kalah suka bereaksi. Mereka yang mau bereaksi silakan ke Mahkamah, polisi atau KPK. Kita hanya melayani yang sudah ada bukti awal, siapa yang melakukan, kecurigaannya seperti apa, materinya apa,” kata Mahfud.

Mahfud MD menjelaskan, bahwa laporan yang ditangani posko mencakup beberapa hal. Pertama, jika ditemukan dugaan pelanggaran pidana, kemudian akan diproses secara hukum dengan melibatkan para penegak hukum. Kedua, jika ditemukan pelanggaran etika hakim terhadap putusan, selanjutnya akan dilakukan eksaminasi.

“Eksaminasi etika memang tidak bisa membatalkan putusan. Putusan pengadilan di mana pun tidak bisa dirubah. Di seluruh dunia dan di akhirat pun tidak bisa diubah. Kalau terbukti ada kesalahan, ya yang melakukan kesalahan yang diseret ke pengadilan. Lalu dilihat apa penyebabnya. Karena pidana atau kesalahan profesional,” kata mantan Ketua MK itu.

MMD Initiative hanya memperhatikan dampak dari putusan-putusan salah, yang dikhawatirkan dapat mengancam keberlangsungan sistem demokrasi di Indonesia.

Bagi masyarakat yang ingin melapor, bisa langsung datang ke posko pengaduan konstitusi di Kantor MMD Initiative, jalan Dempo Nomor 3, Matraman Dalam, Jakarta Pusat. Atau mengirim email ke mmdintiative@yahoo.com.

MMD Initiative Tangani Aduan Pilkada Bali

Posko pengaduan konstitusi MMD Initiative akan menangani kasus pelanggaran etik Pilkada Bali oleh majelis hakim konstitusi.

“Sejak dibuka, posko sudah menerima 10 aduan, salah satu di antaranya adalah Pilkada Bali yang dianggap memenuhi syarat untuk diteruskan. Kasus pidananya sudah diaporkan sendiri oleh mereka ke KPK, tapi masalah profesionalitas. Etika akan kami teruskan di sini,” kata Mahduf MD, Dewan Pembina MMD Initiative, Sabtu.

Ada keanehan dalam materi putusan perkara Pilkada Bali. Antara lain putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengijinkan dan membenarkan pemungutan suara dengan cara perwakilan di 138 TPS. Sedangkan selisih suara antara yang menang dan yang kalah hanya 996 suara.

“Persoalannya adalah, mengapa majelis hakim, yang waktu itu adalah Maria Farida dan Anwar Usman, membenarkan hal itu. Padahal dalam UU Pemilu maupun UUD 1945, jelas menyatakan pemungutan suara harus dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” kata Ari Yusuf Amir, pimpinan Tim hukum MMD Initiative.

Meski nantinya eksaminasi atas dugaan pelanggaran etika dilakukan, putusan atas hasil Pemilu tidak bisa dirubah.

Wakil Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto menyatakan, tujuan pengaduan masalah adalah demi menyelamatkan demokrasi di tanah air.

“Ini bukan persoalan sempit untuk menang atau kalah. Tapi ini persoalan demokrasi yang berdasarkan pada azas-azas yang sangat fundamental, satu orang satu suara, yang dirusak oleh keputusan Pak Akil Mochtar, sehingga seharusnya ada terobosan hukum progresif,” kata Hasto. (antara)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 02/11/2013, in Berita and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: