Mahfud MD Tegaskan Tidak Pernah Terima Suap

Mahfud MD

Mohammad Mahfud MD memastikan dirinya tidak pernah mengorupsi uang negara, dan tidak pernah menerima suap saat menjabat sebagai Ketua MK. Korupsi dilakukan bukan karena yang bersangkutan memiliki gaji yang kecil, melainkan keserakahan yang luar biasa.

“Sampai sekarang, satu rupiah pun saya tidak pernah korupsi uang negara dan tidak pernah menerima suap,” kata Mahfud di Pendopo Pangayoman Temanggung, Jawa Tengah, Rabu lalu.

Mahfud MD mempersilahkan semua pihak yang  pernah berurusan dengan MK dan pernah memberi uang diungkapkan saja. Bongkar saja semua kecurangan yang terjadi di MK jangan tanggung-tanggung.

“Kalau di antara saudara ada yang pernah berurusan dengna MK dan pernah  memberi uang, silakan diungkapkan, silakan dibongkar. Saya selalu menyadari bahwa setiap perbuatan tidak baik pasti akan menimbulkan akibat tidak baik, cepat atau lambat,” kata Mahfud.

Mahfud MD mengakui pernah bertemu dengan komisioner KPK di beberapa tempat saat masih menjabat sebagai Ketua MK, saat KPK punya perkara, mau pun setelah ia selesai menjabat. Ia beranggapan bahwa hal itu wajar terjadi, dan tidak melanggar kode etik seperti yang dituduhkan kepadanya.

“Jadi dia menuduh begini, ‘Pak Mahfud juga melanggar kode etik karena bertemu dengan KPK di rumah dinas.’ Saya katakan itu fitnah besar. Saya bukan pernah bertemu dengan komisioner KPK, tapi sering bertemu komisioner KPK di mana-mana. Memangnya kenapa? Di mana pelanggaran kode etiknya? Karena KPK punya perkara? Saya juga sering bertemu Presiden, sering bertemu anggota DPR,” jelas Mahfud.

Pertemuan dengan komisioner KPK diakui Mahfud dilakukan di sejumlah  tempat, antara lain di kantor KPK,  di kantor MK, di rumahnya, serta di rumah komisioner KPK. Pertemuan itu dilakukannya saat masih menjabat menjadi Ketua MK, maupun setelah ia tidak menjabat lagi. Pertemuan itu dianggap hal biasa,  karena ia juga sering ketemu dengan Presiden di kala Presiden punya perkara yang harus ditangani MK.

Menurut Mahfud, dari banyak pertemuan dengan pimpinan KPK itu, salah satu agendanya untuk melaporkan kasus Akil Mochtar. Dirinya tidak pernah menerima suap dari pertemuan itu dan tidak pernah ada pembicaraan soal uang dalam setiap pertemuan itu. “Suap ke saya itu uang suap apa?” kata Mahfud MD.

Akil Coba Alihkan Perhatian

Tudingan mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, tidak ditanggapi oleh Mahfud MD. Pernyataan tersebut justru dinilai sebagai usaha mengalihkan perhatian publik terhadap kasus yang menjeratnya.

“Tulis saja, saya tidak mau menanggapi,” kata Mahfud MD.

Sebelumnya, melalui kuasa hukumnya, Akil menyatakan, saat masih menjabat sebagai Ketua MK, Mahfud pernah menemui pihak KPK yang diduga berperkara. Mahfud menyatakan, sebelum menjadi Ketua MK, pihaknya sudah sering melangsungkan pertemuan dengan orang-orang itu. Menurut dia, pertemuan itu tidak harus selalu dikaitkan dengan kasus perkara yang ditangani MK.

“Tudingan Akil itu tidak terbukti karena hanya untuk mengalihkan perhatian” ujar Mahfud.

Ketua Komisi Yudisial (KY) Suparman Marzuki mengatakan, dengan alasan apa pun, seorang hakim MK tidak diperbolehkan menemui pihak berperkara. Sebab, akan berpengaruh pada martabat mereka sebagai seorang hakim, bahkan martabat pengadilannya.

Dia menambahkan, telah lama menaruh perhatian ke MK, karena potensi kontrol hakim di lembaga putusan tertinggi itu dinilai besar. Sehingga, ada ruang terjadinya pelanggaran etika oleh para hakimnya. “Sebenarnya banyak masalah di MK,” ujarnya.

Selain itu, prinsip inpersialitas hakim MK juga perlu dipertanyakan. Alasannya, mereka punya lantar belakang sebagai pihak yang bertumpu pada undang-undang. Kemudian, di MK menjadi penguji undang-undang. “Ke depan, sistem rekrutmen hakim MK harus diperbaiki,” katanya. (rol)

Mahfud MD Akan Potong Tangan dan Leher Kalau Korupsi

 

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 07/11/2013, in Berita, Video and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Reblogged this on bahrulwalidin and commented:
    Apakah mahfud MD bernasib seperti anas >>>>?

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: