Mahfud MD Tidak Percaya Visi Misi Capres

Mahfud MD visi misi calon presiden

Mohammad Mahfud MD sama sekali tidak percaya pada visi dan misi yang disampaikan oleh semua kandidat calon presiden. Karena sering kali visi dan misi yang disampaikan itu hanyalah rekayasa, dan dibuat oleh staf ahli calon presiden yang bersangkutan. 

“Saya enggak percaya sama visi misi yang dituliskan oleh orang dan dipidatokan,” kata Mahfud MD di UIN, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu lalu.

Atas dasar penilaian itulah Mahfud MD tidak ingin mengumbar visi dan misinya bila maju sebagai calon presiden pada 2014 nanti. Karena visi dan misi seorang calon presiden bukan untuk dikatakan. Masyarakat dapat melihat kapasitas calon berdasarkan rekam jejak selama menjabat sebagai pejabat publik.

“(Visi misi) itu dilakukan timnya, yang kadang orang itu malah enggak ngerti. Kalau mau lihat visi SBY, Prabowo, Wiranto, dan saya, ya lihat saja track record-nya,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Dalam beberapa kesempatan, Mahfud MD berjanji akan menjadikan hukum sebagai panglima bila dirinya kelak menjadi presiden. Tekad tersebut didasari oleh lemahnya penegakan hukum di Indonesia.

Saat ditanya kesiapannya untuk mundur bila gagal menjalankan visi dan misinya, Mahfud meminta semua melihat konteks dari gagal atau berhasilnya ia menjalankan gagasannya. Pasalnya, terkadang gagasan pemerintah harus kandas saat tak mendapat restu dari legislatif.

“Misalnya dulu saya katakan, bahwa saya akan usahakan ada undang-undang tentang pembuktian terbalik untuk korupsi. Kalau itu ditolak DPR, masak saya mundur? Tergantung konteksnya juga, tidak sembarang orang menuntut mundur,” kata Mahfud.

Meskipun demikian, pada dasarnya Mahfud MD punya cita-cita untuk membangun Indonesia dengan penegakan hukum yang tegas dan adil. Baginya, visi bangsa ini sudah jelas dan tertuang dalam UUD 1945 yaitu membangun kesejahteraan rakyat.

“Maka tujuan-tujuannya dibangun dengan penegakan hukum. Misalnya pertanian, hukum ditegakkan agar tidak ada impor sapi yang ilegal, sehingga semua kembalikan ke hukum. Kemudian, soal bagaimana mengatasi korupsi itu juga melalui hukum,” tuturnya.

Pesimis dengan Koalisi Poros Tengah

Mahfud MD mengaku pesimistis dengan wacana koalisi partai-partai Islam atau koalisi poros tengah. Mahfud yakin koalisi poros tengah hanya sebatas wacana yang sulit untuk diwujudkan.

“Saya pesimistis, saya kira enggak akan jalan. Itu hanya sebuah pengelompokan politik di mana orang ingin berkontestasi memperebutkan kekuasaan saja,” kata Mahfud di Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu lalu.

Akan tetapi Mahfud MD mempersilakan jika koalisi poros tengah benar-benar dibentuk. Hanya saja, ia berpesan agar koalisi tersebut tidak mengatasnamakan koalisi partai-partai Islam. Sebab secara ideologi dia tak sepakat bila ada partai Islam dalam Pemilihan Umum 2014. Semua partai memiliki ideologi yang sama, yaitu menyejahterakan rakyat sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Kalau bicara fakta politik, semua partai ada koruptornya, ada kiainya, lalu mana yang Islam? Pokoknya partai Pancasila saja,” tandasnya.

Memang sejumlah partai politik Islam kerap berkumpul dalam sebuah forum diskusi. Forum itu yang kemudian dinamakan sebagai Poros Tengah Jilid II. Poros Tengah itu digerakkan oleh sejumlah petinggi dan tokoh partai Islam, salah satunya adalah Amien Rais.

Di forum tersebut kerap dibahas secara intensif sejumlah masalah bangsa, kenegaraan, sampai membahas sosok pemimpin pada 2014. Sejauh ini, setidaknya ada dua nama yang diusulkan menjadi calon presiden dari koalisi poros tengah, yaitu Ketua Umum PAN Hatta Rajasa dan Mahfud MD.

Pemikiran utama forum itu adalah bagaimana partai dan ormas Islam bersatu dalam merespons persoalan kepemimpinan 2014. Mahfud MD mengakui bahwa dirinya merupakan salah satu nama yang disebut sebagai calon yang akan diusung. Namun, ia mengatakan, waktu menuju pemilihan presiden masih panjang, dan perkembangan selanjutnya masih perlu diamati. (kompas)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 14/11/2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: