Putri Gus Dur Dukung Mahfud MD Jadi Presiden

Gus Dur almarhum

Keluarga KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mendukung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mohammad Mahfud MD untuk maju dalam Pilpres 2014, karena dinilai selain pakar hukum juga paham Syariat Islam. Dan Mahfud MD diharap bisa meneruskan perjuangan Gus Dur sebagai pejuang kemanusiaan dan pluralisme di Indonesia tercinta ini.

“Saya berharap banyak dari Pak Mahfud, dia tak hanya mengerti hukum, tapi juga dia memahami syariat Islam dan bagaimana menyelaraskannya dalam sebuah negara yang majemuk,” kata Alissa Wahid, putri Gus Dur dalam diskusi pemikiran Gus Dur bertajuk Demokrasi dan Pluralisme di kantor PBNU Jakarta, Kamis lalu.

Menurut Alissa, Indonesia sangat membutuhkan sosok-sosok pemimpin yang berpandangan pluralis seperti Gus Dur untuk menciptakan kedamaian dalam kemajemukan.

“Mahfud yang kenal dekat dengan sosok Gus Dur bisa meneruskan perjuangan Gus Dur sebagai pejuang kemanusiaan dan pluralisme,” kata Alissa Wahid.

Pandangan Gus Dur yang kerap menjadi kontroversi di masyarakat selama ini, sebenarnya dalam rangka menegakkan visi Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

“Orang bilang Gus Dur kebarat-baratan, padahal visi Gus Dur ingin mewujudkan Islam rahmatan lil ‘alamin dengan segala konsekwensinya, bukan hanya bicara terkait orang NU saja, orang Islam.

Pemakzulan Presiden Gus Dur Melanggar Konstitusi

Rupanya pemakzulan (pelengseran) Presiden ke-3 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, sampai kini masih menjadi kontroversi. Banyak yang beranggapan Gus Dur tumbang akibat kasus korupsi dan kontroversi selama pemerintahannya. Padahal bukan Gus Dur yang melakukan korupsi.

Dan masih banyak yang berpendapat, bahwa pemakzulan Gus Dur merupakan keputusan tidak sah. Pendapat ini disampaikan oleh GusDurian (pecinta Gus Dur), salah satunya Mahfud MD. Menurut Mahfud, pemakzulan Gus Dur merupakan bentuk pelanggaran konstitusi.

“Pelengseran Gus Dur secara konstitusi salah. Mestinya itu tanggal 1 Agustus tetapi dimajukan menjadi 23 Juli 2001. MPR langsung mempercepat sidang Gus Dur, harusnya diberi memorandum I dan II. Ini menjadi cacat hukum,” kata Mahfud dalam diskusi Pemikiran Gus Dur di PBNU, Jakarta, Kamis lalu.

Bukan hanya itu, Mahfud juga menuding MPR melakukan pelanggaran saat menyidangkan Gus Dur. “Pasal 27 semua keputusan MPR harus dihadiri oleh semua fraksi, tetapi yang enggak ada fraksi PDKS dan PKB, tapi dipaksakan. Itu melanggar Tap MPR Nomor 2,” kata Mahfud.

Mahfud MD menjelaskan, persoalan yang menyebabkan Gus Dur lengser bukan persoalan Bruneigate dan Buloggate, karena dalam dua kasus tersebut Gus Dur dinyatakan tidak terlibat oleh Kejaksaan Agung.

Pemecatan Bimantoro sebagai Kapolri lah yang menjadi penyebabnya. Saat itu Gus Dur memecat Bimantoro tanpa persetujuan DPR. Kemudian Gus Dur dipanggil DPR, tapi mangkir. Saat itu Gus mengatakan, DPR kerap memanggilnya dengan sewenang-wenang.

Malamnya Gus Dur mengeluarkan dekrit pembubaran DPR. Ini makin memperuncing hubungannya dengan DPR dan MPR. Hingga akhirnya sidang pemakzulan dipercepat seminggu oleh MPR. Dan Gus Dur pun jatuh dari kursi kepresidenan, diganti oleh Megawati Soekarnoputri. (merdeka)

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 25/01/2014, in Berita and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Dr. Ir. Ruswandi Tahrir, MSP

    Nah baru cocok nih. Rumah Keluarga Besar Gus Dur kan di Jagakarsa. Jadi tolong disampaikan kepada Bung Mahfud MD, tentang perlunya keberadaan RUMAH MAHFUD MD dan SUKARELAWAN MUI (Mahfud Untuk Indonesia) 2014. Upayakan 1 Februari 2014 sudah EKSIS, dan saya siap jadi Relawan MUI !
    Salam MUI.

  2. Dr. Ir. Ruswandi Tahrir, MSP

    Maaf kelupaan, selanjutnya kalau ada ACARA apakah Diskusi/Sarasehan dengan Bung Mahfud MD, tolong saya diinformasikan ya. Asal ACARA tersebut diselenggarakannya di Jakarta, apalagi di Jakarta Selatan, INSYA ALLAH saya hadir. Syukron, Salam MUI.

  3. http://drludjiono.blogspot.com/ meramal mahfud md jadi presiden ri 2014
    siiipp…!

    salam untuk calon big bos.

  1. Ping-balik: Mahfud MD – Hampir Saja Indonesia Jadi Negara Islam | Sahabat Mahfud

  2. Ping-balik: Mahfud MD dan Gus Dur Sama Visi Beda Gaya | Sahabat Mahfud

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: