Mahfud MD Ingin Hukum Mati Para Koruptor

Mahfud MD - hukum mati koruptor

Mohammad Mahfud MD menyatakan, Indonesia harus mempunyai peraturan baru tentang hukuman bagi para koruptor. Sebab selama ini hukuman bagi para koruptor tidak tegas dan tidak jelas. Sehingga tidak semua kasus korupsi bisa ditangani secara adil.

“Yang dihukum itu yang lagi apes aja, bukan benar-benar karena penegakan hukum,” kata Mahfud kepada wartawan di gedung Rektorat Universitas Airlangga Surabaya, Jumat lalu.

Mahfud MD menyatakan, ada perdebatan ketika dalam penyusunan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor). Ketika itu disebutkan, bahwa koruptor akan dihukum mati bila negara dalam keadaan krisis. Namun dia mengaku waktu itu menolak usul tersebut.

“Harusnya bukan dalam keadaan krisis saja, karena kondisi krisis itu tidak jelas indikatornya. Semua yang korupsi harus dihukum mati. Kalau tidak begitu, paling hukumannya cuma 20 tahun, itu pun dapat keringanan,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Menurut dia, Indonesia tidak akan dapat memberantas habis para koruptor. Sebab, kebanyakan birokrat atau wakil rakyat merupakan pemain lama yang berpindah partai, hanya untuk menutupi kasusnya. Karena itu, Mahfud mengharapkan hukuman bagi para koruptor adalah hukuman mati.

“Sekarang ini kita tidak jelas. Mau menghukum tidak, mengampuni pun juga enggak,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Mahfud MD juga menjelaskan, sebenarnya Jaksa dapat menuding seseorang melakukan tindak korupsi dengan sederhana. Misalnya, seorang hakim menerima gaji Rp 50 juta per bulan. Bila diakumulasi selama lima tahun, total gaji yang diterimanya Rp 3 miliar.  Jaksa dapat menilai hasil akhir laporan kekayaan hakim itu. Maka jika kekayaannya melebihi kisaran Rp 3 miliar, bisa jadi ada potensi korupsi.

“Kasih waktu dua pekan untuk menjelaskan dari mana tambahan kekayaannya itu. Kalau tidak bisa, ya langsung saja tuding sebagai koruptor,” kata calon presiden dari PKB itu.

Mahfud MD Siap Bersaing dengan Jokowi

Mahfud MD sebagai bakal calon presiden yang akan diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  menyatakan siap untuk bersaing dengan Jokowi dalam pemilihan presiden. Dia menyatakan, tidak akan terpengaruh atas deklarasi pencapresan Jokowi.

“Saya nggak terpengaruh. Demokrasi maju kalau kita selalu optimis. Saya siap,” kata Mahfud dalam Sarasehan Nasional Ulama Pesantren dan Cendekiawan di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Bandung, Sabtu lalu.

Jokowi capres PDIPMahfud MD menyambut baik atas dideklarasikannya Jokowi sebagai capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Menurutnya, hal tersebut sebagai bentuk kemajuan dalam kehidupan berdemokrasi.

Munculnya nama Jokowi merupakan indikasi majunya demokrasi di Indonesia. Pasalnya, sejak era reformasi, capres selalu dihegemoni oleh ketua umum partai. “Sekarang ada kemajuan Jokowi, ya baguslah,” kata Mahfud.

Seperti diberitakan kemarin, Megawati, Ketua Umum DPP PDIP memberi mandat kepada Jokowi untuk menjadi capres resmi dari. Jokowi pun telah menyatakan kesanggupannya atas mandat itu.

“Dengan mengucap bismillah, saya siap melaksanakan,” kata Jokowi di Rumah Si Pitung, Marunda, Jakarta Utara, Jumat lalu. (tempo)

Berita terkait Mahfud MD dan Calon Presiden Indonesia

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 15/03/2014, in Berita and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: