Transaksi Politik Lahirkan Pemimpin Korup

Mahfud MD - hukum mati koruptor

Mohammad Mahfud MD mengungkapkan bahwa para pemimpin yang lahir dari proses yang tidak sehat akan melahirkan pemimpin yang tidak sehat. Sementara itu, transaksi politik hanya akan mencetak pemimpin yang tidak amanah.

“Pemimpin yang lahir dari transaksi-transaksi politik tidak akan menerima kekuasaan sebagai amanah, tetapi sebagi fasilitas. Ini yang kemudian membuat tata kelola kenegaran kita menjadi salah,” kata Mahfud  dalam orasi kebangsaannya di Aula IPHI Ungaran, Semarang, Minggu siang.

Mahfud MD membeberkan data dan fakta yang pernah dilansir oleh Kementerian Dalam Negeri. Dari 460 bupati / wali kota se Indonesia, hampir dua pertiganya tersandung kasus korupsi. Angka itu menjadi bukti nyata, bahwa politik transaksional juga melahirkan pemimpin yang korup.

“Sebanyak 318 bupati dari 460 bupati se Indonesia terlibat tindak pidana korupsi, atau hampir dua pertiganya. Gubernur, 18 dari 36 juga terlibat korupsi. Tak terhitung lagi anggota DPR dan menteri,” kata kandidat calon presiden dari PKB itu.

Mahfud mengajak seluruh pengurus NU agar bergerak membenahi dan ikut memberantas politik transaksional yang sudah membudaya di Indonesia. “Kalau NU membiarkan kondisi seperti itu, berarti kita membiarkan bangsa ini menuju kehancurannya,” pungkas Mahfud.

Pilihlah Pemimpin Yang Bersih

Mahfud MD menegaskan kepada masyarakat, agar memilih orang-orang bersih sehingga Indonesia bisa lebih maju. Mahfud MD yakin tak kalah kualitas dibanding calon presiden yang sudah mendeklarasikan diri. Kemampuannya dibanding Gubernur DKI Joko Widodo dari PDIP dan Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto, tak berbeda jauh.

“Kemampuan para calon tidak lebih baik dari saya. Sekarang ini, saya baru serius biasanya hanya omong kosong. Saya maju agar ada orang bersih yang jadi presiden. Soal nanti tidak dipilih jadi presiden itu urusan Tuhan,” timpalnya.

Ketika menjawab pertanyaan peserta sarasehan kebangsaan di Kantor PWNU Jawa Tengah, Mahfud MD sempat berseloroh. Dia merasa yakin akan dipilih jadi presiden RI mendatang. Dan jika hal itu terjadi, dia akan menyiapkan jas yang paling baik untuk pelantikan presiden.

“Yang pertama saya lakukan, beli jas untuk pelantikan. Setelah itu, dalam jangka pendek mengusulkan untuk membuat undang-undang pembuktian terbalik,” kata Mahfud di Semarang, Minggu lalu.

Soal pembuktian terbalik, Indonesia perlu mengadopsi menjadi aturan tersendiri. Mahfud menilai penerapan pembuktian terbalik pada pejabat negara akan sangat membantu mengurangi korupsi yang saat ini merajalela. Meski dalam agama Islam berburuk sangka tidak diperbolehkan, namun dalam hal tertentu mencurigai orang diperbolehkan.

“Memang prasangka itu sebagian dari dosa, tapi kan sebagian lainnya tidak. Hanya sebagian. Artinya, berburuk sangka untuk hal yang baik diperbolehkan,” ujarnya.  (kom)

Berita terkait Mahfud MD Calon Presiden Indonesia

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 23/03/2014, in Berita and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. wah, mahfud MD gw ragu ama dia, ragu dengan statement dan sikap dia selama ini

  1. Ping-balik: Mahfud MD Timbang Berbagai Opsi Usai Temui Kiai | Sahabat Mahfud

  2. Ping-balik: Korupsi Merusak Bangsa Indonesia Harus Dihukum Mati | Sahabat Mahfud

  3. Ping-balik: Mahfud MD – Bahaya Koruptor Seperti Teroris | Sahabat Mahfud

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: