Mahfud MD Timbang Berbagai Opsi Usai Temui Kiai

Mahfud MD bersama Kyai

Muhammad Mahfud MD berkunjung ke Pondok Pesantren Sidogiri, Kraton, Pasuruan, setelah dipanggil oleh pengasuh ponpes, yakni Kiai Nawawi. Mahfud bertemu empat mata dengan Kiai Nawawi, membicarakan perkembangan politik dan opsi sesudah 9 April. Baik mengenai hasil pemilu dan akibat hukumnya, serta prospek calon presiden (capres).

“Saya itu dipanggil oleh kiai Nawawi untuk bicara mengenai situasi dan perkembangan politik serta prospeknya ke depan,” kata Mahfud MD kepada wartawan di kediaman Kiai Nawawi, Senin.

Mahfud MD diminta Kiai Nawawi menjelaskan perspektif ke depan, termasuk dengan kaitannya capres  Prabowo Subianto, Jokowi, Aburizal, dan Hatta.

“Mengenai pencapresan, ada bagian yang harus tidak saya sampaikan ke pers. Tadi kita juga membahas kaitannya dengan Prabowo, Jokowi, Aburizal, Pak Hatta, semua kita ceritakan. Perspektif politiknya seperti apa, dan kira-kira aspirasi kaum nahdliyin ke mana,” kata mantan Ketua MK itu.

Mahfud MD menegaskan, belum bisa menyatakan siap atau tidak maju sendiri sebagai capres dari PKB,  atau digandengkan dengan Prabowo, Jokowi atau capres lainnya. Karena ada beberapa opsi, jika dia maju ke pilpres harus mempunyai kendaraan politik, yaitu melalui PKB.

“Meskipun saya orang NU, dan NU itu partainya ada di mana-mana, tapi saya harus lewat satu partai, yaitu PKB,” kata Mahfud.

Mahfud MD akan maju sebagai capres dari PKB, karena mantan Menteri Pertahanan era Gus Dur itu memang orang PKB.

“Kalau saya ikut partai lain kok nggak etis rasanya. Saya orang PKB kok hanya mau jadi calon presiden berpindah ke partai lain. Dulu saya nggak mau ikut Partai Demokrat untuk ikut konvensi capres PD, karena itu nggak etis,” kata Mahfud.

“Opsi lainnya, bisa ikut koalisi dengan partai-partai besar seperti PDIP, Gerindra, ada yang lain. Juga bisa partai sendiri (PKB) memimpin koalisi partai-partai tengah, itu sangat mungkin. Jadi opsinya masih ada sekitar 3 sampai 4, semuanya masih terbuka,” kata Mahfud.

Mahfud menambahkan, dia harus menunjukkan visi ke depan, tentang bagaimana membangun bangsa dan bagaimana meletakkan aspirasi NU di bidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan dan sebagainya.

“Jadi keputusan akhir dari opsi-opsi, tentu saya konsentrasikan dengan tokoh-tokoh kunci di NU, pesantren, dan semuanya. Nah itu semua masih terbuka cukup luas terhadap siapa pun. Kata kiai Nawawi,  saya diminta menjalani opsi-opsi itu dan nanti dibicarakan lagi. Pada saatnya akan istikharah bersama-sama,” kata Mahfud.

Posisi PKB Teratas dalam Pertarungan Partai Islam

Lembaga Survei Nasional (LSN) baru saja merilis hasil survei yang membandingkan kekuatan elektabilitas partai-partai Islam. Hasilnya, di antara 6 parpol yang digolongkan sebagai partai Islam, PKB menempati posisi paling atas.

“PKB justru memiliki indeks elektabilitas tertinggi dibandingkan partai berbasis massa Islam lainnya,” kata Umar S Bakry, Direktur Eksekutif LSN, dalam siaran pers, Senin lalu.

Hasil survei LSN tentang kekuatan elektabilitas partai-partai Islam: 1. PKB (6,5%); 2. PPP (4,7%); 3. PAN (4,5%); 4. PKS (3,6%); 5. PBB (0,9%).

Survei nasional LSN itu dilaksanakan tanggal 5-15 Maret 2014 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei itu adalah seluruh penduduk Indonesia yang telah memiliki hak pilih dan sudah tercantum dalam DPT. Jumlah sampel sebesar 1.230 responden yang diperoleh menggunakan teknik rambang berjenjang (multistage random sampling).

Ambang batas kesalahan survei ini adalah 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%. Prosentase elektabilitas partai Islam yang ditampilkan merupakan bagian dari survei seluruh parpol peserta Pemilu 2014. (det)

Berita terkait Mahfud MD dan Calon Presiden

 

 

 

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 24/03/2014, in Berita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: