Mahfud MD Prediksi Potensi Sengketa Pilpres Tinggi

Mahfud MD - Perppu tentang MK

Mohammad Mahfud MD memprediksi potensi terjadinya kisruh dan sengketa seusai pemilihan presiden (Pilpres) nanti sangat tinggi. Kerusuhan bisa saja terjadi jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) gagal memastikan proses Pemilu bersih dari praktek kecurangan.

“Saat ini ada dua partai besar yang selisihnya sedikit. Jika KPU tak bisa memastikan pemilu tak ada kecurangan, bisa terjadi kisruh, karena ketidakpuasan partai yang kalah,” kata Mahfud di gedung MK Jakarta, Selasa lalu.

Mahfud MD beranggapan KPU harus bekerja keras untuk memastikan proses dalam Pemilu 2014 dapat berjalan sesuai dengan aturan. KPU juga harus mampu mengerahkan tenaganya dan masyarakat untuk mengawal pemilu, sehingga tak terjadi kecurangan, seperti praktek jual-beli suara.

“Minimal KPU punya fakta yang dapat ditunjukkan kepada partai-partai yang protes, bahwa  pemilu yang dilakukan itu sah,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Mahfud MD memperkirakan kecurangan dalam pemilu berpeluang besar terjadi di tempat pemungutan suara (TPS). Di tempat ini, banyak terjadi transaksi jual-beli suara antara saksi dan peserta pemilu.

Mahfud juga memprediksi kecurangan akan tetap ada dalam pengiriman suara dari TPS ke kecamatan dan Kabupaten. Menurut dia, kerap terjadi perubahan jumlah suara yang tak terkontrol selama pengiriman ini.

“KPU di daerah itu masih banyak yang tidak independen. Banyak yang masih tunduk kepada kepala desa, camat, lurah, atau bupatinya,” kata Mahfud.

Mahfud mengimbau KPU bekerja sama dengan banyak pihak untuk ikut dijadikan sebagai pengawas. KPU, menurut dia, dapat menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat untuk menempatkan sukarelawan sebagai saksi penghitungan suara dan pengiriman hasil pemilu.

Dana Kampanye Pemilu Harus Bersih

Mahfud MD menegaskan ada dua syarat yang harus terpenuhi untuk menjadi donaturnya. Pertama, pengusaha perorangan atau kelompok yang ingin menjadi donatur, tidak pernah beperkara di MK. Kedua, mereka tidak memiliki proyek yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). “Jadi, murni swasta saja. Ini ada banyak.”

Mahfud MD yang diharapkan jadi bakal calon presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), telah menerima sumbangan dana miliaran rupiah dari seorang pengusaha asal Karawang, Jawa Barat. Sumbangan itu dipakai untuk membuat iklan kampanye politiknya di televisi.

“Namanya haji Marzuki, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Karawang. Silakan cek, dia sangat kaya raya,” kata Mahfud di gedung MK, Selasa lalu.

Menurut Mahfud, Marzuki hanya satu dari banyak pengusaha yang memberikan sumbangan untuk kampanyenya sebagai calon presiden. Karena telah pensiun dari jabatan publik, Mahfud boleh menerima sumbangan dalam kegiatannya.

Mahfud mengaku tak pernah menghitung kemungkinan total biaya kampanye yang diperlukan untuk maju sebagai calon presiden. Dia tak mau pusing memikirkan jumlah uang yang terlalu besar, karena tak punya banyak uang. Mahfud memilih menjalani proses pemilu secara mengalir, sementara bantuan dana terus saja ada.

“Tak pernah pesan survei, tak pernah bayar siapa-siapa. Tapi elektabilitas naik terus,” kata Mahfud. (tem)

Berita tentang Mahfud MD Calon Presiden Republik Indonesia

 

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 03/04/2014, in Berita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: