Mahfud MD Luncurkan Buku Bersih dan Membersihkan

Mahfud MD bersih dan membersihkan

Mohammad Mahfud MD meluncurkan buku berjudul “Mahfud MD Bersih Membersihkan” di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu (5/4) dengan menghadirkan tiga Pembicara. Yakni  Siti Zuhro, pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bambang Widjojanto, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Marwan Ja’far, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Siti Zuhro berpendapat, bahwa Indonesia tidak hanya membutuhkan pemimpin yang bersih. Namun, juga dibutuhkan sosok pemimpin yang harus bisa membersihkan, untuk dapat mengatasi semua persoalan yang tengah melanda Indonesia saat ini.

“Karena kalau hanya bersih saja, penilaiannya jadi subjektif dan tidak akan objektif. Jika sekadar bersih, saya juga bisa mengatakan suami saya bersih. Tapi kan belum tentu orang lain menilai bersih,” katanya. Acara itu juga dihadiri Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim, pentolan band Slank.

Siti menegaskan, sosok pemimpin yang mampu membersihkan sangat dibutuhkan, karena permasalahan kasus korupsi di Indonesia sudah masuk ke dalam sistem. Sehingga korupsi semakin masif, dan bahkan tidak jarang korupsi terjadi di lingkungan lembaga legislatif dan yudikatif.

“Untuk itu kita perlu pemimpin yang bersih yang memiliki kemampuan membersihkan. Kalau itu (pemimpin bersih dan membersihkan) kita miliki, ke depannya Indonesia tidak perlu lagi membutuhkan KPK,” ujarnya.

Siti mengakui, secara pribadi dia tidak begitu mengenal sosok Mahfud MD, meskipun sama-sama berasal dari Jawa Timur. Namun, dia mengagumi sepak terjang Mahfud saat menjadi Ketua MK.

“Menurut saya selama ini Pak Mahfud sangat konsisten menjunjung tinggi konstitusi, dan saya lihat keberpihakan pada penegakan hukum luar biasa,” ujarnya.

Bambang Widjojanto, Wakil Ketua KPK menyatakan, dirinya banyak mengenal integritas Mahfud MD ketika menjadi Ketua MK.

“Karena saya dulu sering berperkara di MK, dan di sanalah saya cukup banyak mendapat pelajaran mengenal lebih jauh sosok Pak Mahfud,” kata pria yang akrab disapa BW itu.

Ia mengakui, Mahfud merupakan ahli hukum yang tidak hanya pintar, tapi juga berani mengambil suatu keputusan yang tidak populer. Salah satunya, keputusan MK yang begitu berani meminta rekaman rekayasa mafia peradilan dalam kasus dua mantan pimpinan KPK, Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah.

“Itulah keberhasilan Pak Mahfud yang merupakan tantangan pertama kali saat memimpin MK,” katanya.

Selain itu, BW menilai Mahfud cukup lihai dalam mencari kebenaran selama menjadi hakim konstitusi. Ia seringkali memancing para pihak berperkara untuk saling adu argumentasi dalam konteks kasus hukum yang tengah ditanganinya.

“Kalau bahasa saya, Pak Mahfud ini sering kali keluar ‘nakalnya’ kalau sedang memimpin sidang. Kita diadu argumen sedemikian rupa. Tapi dengan begitu, justru MK melahirkan keputusan yang objektif,” katanya.

PKB Tak Salah Usung Mahfud MD

Marwan Jafar, Ketua DPP PKB menyatakan, partainya tidak salah mengusung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai kandidat calon presiden PKB.

“Yang pasti komitmen terhadap Pak Mahfud sebagai capres tidak berubah, terlebih banyak kiai yang mendukung beliau menjadi capres PKB. Dan itu modal besar untuk Pak Mahfud,” kata Marwan di Jakarta, Sabtu.

Marwan menilai, peran Mahfud MD sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan kompleksitas persoalan bangsa Indonesia. Hal itu, terutama jika melihat kondisi Indonesia yang karut marut di bidang penegakan hukum.

“Dulu saat Pak Mahfud terpilih menjadi hakim MK saya pun meragukan kemampuannya. Namun MK justru lebih banyak memberikan solusi dari kebuntuan-kebuntuan dalam kasus penegakan hukum di era kepemimpian Pak Mahfud,” katanya.

Bimo Setiawan Almachzumi atau Bimbim, drummer grup band Slank mengakui, kehadirannya dalam acara tersebut untuk mencari sosok yang tepat memimpin Indonesia ke depan. Dia akan mendukung seandainya PKB benar-benar mengusung nama Mahfud MD sebagai calon wakil presiden. Bimbim mengakui ingin Mahfud MD disandingkan dengan kandidat capres PDI-P yaitu Jokowi. (jpn)

Berita terkait Mahfud MD Calon Presiden Republik Indonesia

Iklan

About Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Asmuni, tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Posted on 06/04/2014, in Berita and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Dr. Ir. Ruswandi Tahrir, MSP

    Alhamdulillah, walaupun lambat dukungan terus meningkat. Bagaimana kalau Bung Mahfud saya Undang sebagai Pembicara Utama dalam Seminar Sehari ASPEK HUKUM DALAM PEMBANGUNAN di Kampus Universitas Gunadarma Depok. Kebetulan saya juga mengajar MK Asek Hukum Dalam Pembangunan dan Bung Mahfud dapat menjelaskan berbagai Pelanggaran dalam penyelenggarakan pembangunan yang mengakibatkan mayoritas bangsa Indonesia tetap miskin dan terlilit hutang seumur hidup karena KKN yang masif dan sistemik. Tolong Bung Achmad Fauzi sampaikan ke Bung Machmud sedikit informasi ttg Universitas Gunadarma, yaitu Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Di Indonesia. Silahkan dicek ke Webomatrix dan W4ICU, posisi Universitas Gunadarma adalah ke 4 setelah UI, ITB dan UGM. Memiliki 16 Kampus di Jabodetabek dan seluruh kurusannya terakreditasi Sangat Baik. Semoga Bung Mahfud berkenan hadir di Kampus Depok. Insya ALLAH …

  1. Ping-balik: Mahfud MD Diminta Pimpin Koalisi Partai Islam‏ | Sahabat Mahfud

  2. Ping-balik: Mahfud MD – Perbedaan Harus Jadi Berkah dan Maslahah | Sahabat Mahfud

  3. Ping-balik: Mahfud MD Jadi Penasehat Sri Sultan HB X | Sahabat Mahfud

Kasih koming dong :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: